Pemerintah Kabupaten Tabalong mengalokasikan dana Rp5 miliar untuk pembangunan Pasar Agribisnis di Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai untuk mendukung pemasaran hasil pertanian di wilayah Utara.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani melakukan peletakkan batu pertama pembangunan pasar agribisnis di lahan seluas 1,3 hektare, Senin (26/4).

 "Pasar agribisnis di Desa Kembang Kuning ini bisa menjadi basis utama budidaya sayur dan tanaman hortikultura lainnya," ungkap Anang.

Kehadiran pasar agribisnis yang dibangun kontraktor pelaksana PT Artha Kalindo Segara ini tentunya bisa mempercepat pengembangan ekonomi khususnya di bidang pertanian, perindustrian dan pedagangan di 'Bumi Saraba Kawa' ini.

Peletakan batu pertama juga dilakukan Dandim 1008/Tanjung Letkol Ras Lambang Yudha, Kajari Tabalong Syamsidar Monoarfa dan Ketua DPRD Mustafa disaksikan perwakilan PT Adaro Indonesia, anggota dewan dan kontraktor pelaksana.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong Husin Ansyari menyampaikan pasar agribisnis menjadi sarana dalam memasarkan dan menjual komoditas yang dihasilkan.

 "Tak sekadar hasil pertanian pasar Agribisnis nantinya jadi sarana pemasaran hasil perikanan dan komoditas lainnya," jelas Husin.

Selanjutnya para petani juga diharapkan bisa menghidupkan pasar agribisnis ini agar bisa bermanfaat secara optimal.

Husin menambahkan fasilitas di pasar agribisnis selain los utama juga dibangun kantor pengelola, pos keamanan, toilet, mushala hingga sumur bor.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021