Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry meresmikan rumah singgah Naungan Sehati untuk menangani berbagai persoalan sosial yang terjadi di masyarakat seperti warga terlantar dan lainnya.

Didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad beserta Kepala Dinas Sosial Nordiansyah, usai melakukan pemotongan untaian melati di Rumah Singgah Naungan Sehati, di Kandangan Senin (12/4/2021) Bupati menyampaikan, pembangunan rumah singgah ini sebagai upaya  untuk mengantisipasi masalah sosial kemasyarakatan.

Selain itu, pembangunan rumah singgah berkapasitas delapan orang tersebut di Jalan Kamboja ekskantor Kecamatan Kandangan tersebut,  juga sebagai salah satu bentuk keseriusan dalam penanggulangan masalah sosial di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kepala Dinas Sosial Nordiansyah mengatakan, rumah singgah tersebut langsung dioperasionalkan sesaat setetlah diresmikan oleh bupati..
 
Peresmian rumah singgah "Naungan Sehati" Dinas Sosial HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: 315 pelamar calon sarjana pendamping desa di HSS ikuti tes

Dijelaskan dia, rumah singgah merupakan amanah dari Ibu Kepala Dinas Sosial terdahulu, jadi tahun 2020 dilaksanakan pembangunan fisiknya dengan rehab. Ada beberapa ruangan yang dimanfaatkan untuk rumah singgah ini.

Di bulan Januari dan Februari dipersiapkan untuk pengadaan material dan bahan-bahannya di dalam dan juga Sumber Daya Manusia (SDM)nya. 

Selama ini kalau ada warga yang terlantar, itu diamankan di Posko Tagana, tapi setelah adanya rumah singgah ini, maka otomatis dialihkan ke sini. Ini bentuk layanan sosial yang diberikan Pemkab HSS kepada masyarakatnya.
 
Peresmian rumah singgah "Naungan Sehati" Dinas Sosial HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Lima jenis Bansos disalurkan untuk KPM di Angkinang dan Telaga Langsat

Selesai peresmian, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP melanjutkan giatnya dengan melakukan pembinaan sekaligus pengarahan kepada pejabat struktural di lingkup Dinas Sosial HSS.

Ia mengatakan, terkait rumah singgah ini disiapkan melalui Dinas Sosial untuk menampung masyarakat yang memerlukan bantuan. Ada SOP nya, jalurnya ada siapa yang berhak masuk ke sana.

"Rumah singgah upaya pemerintah untuk menjamin masyarakat kita yang mungkin memerlukan bantuan. Inilah bentuk pelayanan yang harus terus kita berikan kepada masyarakat yang menyandang masalah sosial," katanya.
 
Peresmian rumah singgah "Naungan Sehati" Dinas Sosial HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021