Bupati Tapin, HM Arifin Arpan meresmikan kehadiran fasilitas layanan kesehatan hemodialisis atau cuci darah di RSUD Datu Sanggul Rantau. 

Direktur RSUD Datu Sanggul Rantau, Dokter Milhan mengatakan kehadiran fasilitas layanan baru itu ditujukan untuk mengurangi biaya pengobatan bagi masyarakat. 

“Sebelumnya, banyak warga kita yang melakukan cuci darah ke luar daerah, sehingga membutuhkan biaya lebih besar. Sementara di Kabupaten Tapin kini tercatat ada sebanyak 54 pasien gagal ginjal kronis, yang diantaranya rutin melakukan cuci darah di luar daerah,” ujarnya. Senin, (12/4) di Rantau. 

Layanan itu nantinya akan dikemas dengan berbagai fasilitas layanan penunjang lainnya, agar dapat meminimalisir beban pembiayaan para pasien.

“Dengan mempunyai alat sendiri otomatis biaya juga harus murah, maka dari itu nantinya kita akan bekerjasama dengan layanan BPJS” ujarnya.

Bupati Tapin juga mengatakan hadirnya layanan kesehatan baru itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Bahkan ada pikiran dari kami untuk menambah satu lagi di RSUD Datu Sanggul Rantau yang baru, nanti, karena selama ini, untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan cuci darah selalu dirujuk ke daerah lain seperti Kandangan dan Banjarmasin," ujarnya. 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021