Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggerakkan segenap aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat untuk ikut menyukseskan penanaman sejuta pohon yang secara serentak hari ini dilaksanakan di provinsi tersebut.

Pemkot Banjarmasin memulai gerakan menanam sejuta pohon di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja di Banjarmasin Tengah yang dipimpin Pejabat Sekdakot Banjarmasin H Mukhyar.

Kegiatan itu tidak hanya diikuti pejabat dan ASN Pemkot Banjarmasin, namun kelompok pemberdayaan masyarakat, juga diikuti masyarakat umum. 

Bahkan, beberapa anak-anak yang sudah tertarik dengan penghijauan juga terlihat ikut menanam pohon di kawasan tersebut.

Menurut PJ Sekdakot Banjarmasin H Mukhyar, selain di Taman Kamboja, kegiatan penanaman pohon itu juga dilaksanakan dibeberapa titik kawasan yanga ada di kota berjuluk Seribu Sungai tersebut.

Dia berharap, kegiatan ini bisa dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat, dengan menanam pohon di pekarangan rumah mereka masing-masing.

Dengan keikutsertaan seluruh lapisan masyarakat ini, lanjut Mukhyar, gerakan penanaman satu juta pohon ini bisa sukses. 

"Kita melakukan penanaman dalam rangka kick of  sejuta pohon, diikuti kelompok pemberdayaan masyarakat dan masyarakat sekitar, diharapkan keikut sertaan semua stakholder terkait penanaman sejuta pohon ini bisa sukses di Kota Banjarmasin," tuturnya.

Sementara itu, Komunitas Penggiat Pencinta Alam, Cecep Ramadhani mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kota Banjarmasin untuk mendukung gerakan penanaman sejuta pohon ini.

Dia berahap kegiatan tersebut bukan hanya sekedar simbolisasi saja, tetap dapat dilaksanakan berkesinambungan.

"Kami sebagai perwakilan dari komunitas sangat mendukung kegiatan ini, saya berharap kegiatan ini tidak hanya simbolis, tetap bisa dilaksanakan berkesinabungan dan diikuti seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, bibit pohon penghinjauan  yang ditanam H Muhkyar bersama Komunitas, ASN dn masyarakat terdiri dari pohon Mahoni, pohon Alpukat, pohon Tanjung dan pohon Flamboyan.

Untuk diketahui, penanaman sejuta pohon merupakan program yang selalu dicanangkan di setiap daerah. Program ini dilakukan untuk menjaga lingkungan dari polusi udara yang dari hari ke hari semakin tidak terkontrol.

Dengan adanya gerakan yang langsung dipimpin Pemprov Kalsel diikuti 13 kabupaten/kota di provinsi ini, diharapkan polusi udara akan diserap oleh pohon-pohon hijau.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021