Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad meresmikan operasional Kedai Pemuda "Masbro" Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten HSS, berlokasi di depan Sekretariat KNPI kawasan Lapangan Lambung Mangkurat, Alun-alun Kota Kandangan.

Ia mengatakan, kedai pemuda ini merupakan upaya dan terobosan dari KNPI HSS untuk menggiatkan kewirausahaan pemuda, serta merupakan bagian dari program kegiatan KNPI dan janji politik pengurus terpilih di saat musda lalu.

"Ini juga sejalan dengan apa yang kita sampaikan tentang pentingnya berwirausaha, apalagi di kalangan generasi muda, tentu dengan dikawal dan dibimbing untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan," katanya, saat memberikan keterangan, Senin (22/3) kemarin.

Dijelaskan dia, upaya ini harus didukung semua pihak, khususnya diawali dari generasi muda di internal KNPI sendiri seperti untuk meningkatkan penghasilan kedai karena kalau mengharapkan dari luar perlu waktu dan proses, minimal dari internal bisa membeli ragam minuman dan makanan yang disediakan.

 

Baca juga: Peringati Hari Sumpah Pemuda, Wabup HSS berdiskusi dengan KNPI

Kehadiran pihaknya dalam peresmian, untuk memastikan dan memberikan dukungan dan menekankan dalam berusaha untuk tidak takut gagal, dimulai sekarang dan jangan sekedar menunggu dan berencana, dan ke depannya kalau perlu ada persoalan supaya dilakukan evaluasi demi langkah maju KNPI tersebut.

Kedai pemuda ini juga direncanakan tidak hanya ada di pusat kabupaten, namun akan menyebar di kecamatan-kecamatan, rencana ini perlu dirumuskan dengan format terbaik sebagai diakui persoalan kepemudaan juga terkait dengan adanya pengangguran sehingga kegiatan KNPI juga ikut berpartisipasi mengatasi.

"Kalau memang tempat yang ada untuk kedai pemuda dirasa perlu ditambah dengan menggunakan tempat di atas sekretariat KNPI yang ada, nantinya agar disampaikan permohonan pinjam pakai atau sewa ke bagian umum di Setda Pemkab HSS," katanya.

Menurut dia, saat ini KNPI memang memiliki dana operasional internal seperti dana hibah, namun pihaknya juga mengharapkan KNPI bisa menggarap potensi-potensi pembiayaan lain untuk kegiatannya seperti mencari donatur, menjalin kerjasama atau melalui CSR perusahaan yang ada di daerah.

Baca juga: Video- Wabup HSS : Dalam organisasi tidak ada yang instan, saya dikader H Achmad Fikry

Ketua KNPI HSS, Muhammad Rizki, mengatakan kedai pemuda ini memang merupakan program awal KNPI di bidang kewirausahaan, di tahun ini dalam kepengurusan direncanakan kedai pemuda akan menyebar di kecamatan-kecamatan lainnya.

Selain itu, juga akan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait dampak positif kewirausahaan bagi program pengentasan kemiskinan dan penganggaran, pihaknya telah menerima bantuan gerobak untuk berjualan dari Dinas Perdagangan Kabupaten HSS untuk operasional kedai pemuda.

"Insya Allah kita menggarap juga untuk menggali potensi pembiayaan untuk kedai pemuda ini baik dari CSR perusahaan atau pun perbankan, dan untuk kedai pemuda kita menyediakan makanan berat dan minuman ringan, atau kuliner kekinian yang diminati generasi muda kita," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021