Layanan Perpustakaan Daerah atau dikenal dengan Perpustakaan Palnam Banjarmasin yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan hari Sabtu dan Minggu hingga pukul 17.00 WITA.

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani dalam siaran pers diterima Antara, Selasa mengatakan, penambahan waktu operasional adalah bentuk apresiasi atas tingginya kunjungan ke Perpus Palnam di akhir pekan.

"Sebelumnya, layanan Perpus Palnam akhir pekan hari Sabtu dan Minggu dibuka selama empat jam saja yakni pukul 09.00 WITA sampai 13.00 WITA tetapi sekarang hingga pukul 17.00 WITA," ujar Nurliani.

Sementara, operasional hari kerja yakni hari Senin sampai Jumat buka seperti biasa mulai pukul 09.00 WITA hingga pukul 15.00 WITA, kecuali hari Jumat hanya memberikan layanan sampai pukul 11.30 WITA.

Menurut dia, penambahan operasional Perpus Palnam selain sebagai bentuk apresiasi tingginya kunjungan di akhir pekan, juga atas dasar usulan dari masyarakat dan pemustaka yang kesulitan berkunjung saat hari kerja.

"Sejak bulan Maret membuka layanan akhir pekan antusias masyarakat cukup tinggi sehingga diputuskan menambah jam layanan akhir pekan agar bisa lebih lama menikmati buku-buku bacaan," ucapnya.

Ditekankan Bunda Nunung, selama memberikan layanan termasuk di akhir pekan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat, baik kepada setiap pengunjung maupun petugas perpustakaan Palnam.

Dia juga menyarankan, pengunjung yang membaca buku di tempat tidak berlama-lama berada di ruang baca, dan lebih disarankan menggunakan gazebo yang tersedia di halaman perpustakaan tersebut.

"Pengunjung dan petugas pelayanan wajib mengikuti protokol kesehatan seperti wajib pakai masker, mencuci tangan sebelum masuk, cek suhu tubuh, jaga jarak di ruang baca, dan pembatasan pengunjung di dalam ruang baca," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021