Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah menyeleksi langsung calon penghuni rumah disabilitas netra di kawasan Jalan Trikora Kota Banjarbaru yang pembangunannya sudah selesai dan siap ditempati. 

"Kami menyeleksi langsung calon penghuni rumah disabilitas netra. Tujuannya agar penyandang tunanetra yang mendiami rumah benar-benar sesuai kriteria yang ditetapkan," ujar dia di Banjarbaru, Sabtu. 

Ia mengatakan, jumlah rumah yang baru selesai dibangun bantuan dari Kementerian PUPR sebanyak 15 unit sehingga menambah jumlah rumah yang sudah dibangun pemkot maupun pihak lainnya ditempat itu.

Disebutkan, persyaratan utama untuk mendapatkan fasilitas rumah adalah harus warga Banjarbaru dibuktikan dengan KTP, juga anggota Persatuan Tunanetra Banjarbaru dan termasuk kategori yang membutuhkan rumah.

"Syarat wajib yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar adalah penghuni dilarang meminta-minta dijalan dan jika terbukti maka langsung diproses dan di keluarkan dari perumahan Netra Kota Banjarbaru," tegasnya. 

Menurut dia, pihaknya akan memberi keterampilan bagi penghuni rumah seperti memijat yang sudah menjadi keahlian mereka disamping melatih membuat telur asin dengan bahan yang dibantu pemerintah kota. 

Dikatakan, status rumah pinjam pakai seumur hidup, dan apabila anak atau pihak keluarga yang tidak mempunyai kekurangan netra maka digantikan dengan pemilik baru yang juga akan diseleksi sesuai persyaratan. 

"Harapan kami, warga yang menetap bisa saling rukun dengan tetangga dan selalu aktif di kegiatan keagamaan dan menjalankan syariat agama, serta membersihkan dan menjaga seluruh fasilitas yang disediakan," pesannya.

Sementara itu, hasil seleksi melalui wawancara terhadap 15 peserta terdapat 3 orang memilih pulang ke rumah karena sudah memiliki rumah tetap dan memiliki langganan usaha sehingga akan dipilih penggantinya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021