Khatib Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin Tuan Guru Haji Ahmad Supian secara umum dan sekilas mengungkap keutamaan shalat, terutama shalat wajib bagi kaum Muslim.

"Keutamaan shalat wajib tersebut, tanpa melaksanakan shalat akan runtuhlah agama Islam. Sebaliknya kalau tidak meninggalkan shalat wajib lima waktu, Islam akan tetap tegak," ujarnya dalam khotbah sebelum shalat Jumat (5/3).

"Runtuhnya agama Islam kalau tidak melaksanakan shalat wajib tersebut seperti tersirat dalam ayat Al Qur'an "Asshalatu Imanuddin" (shalat itu tiang agama)," lanjutnya.

Khatib mencontohkan lain, dari rukun Islam yang lima, perintah shalat wajib lima waktu yang langsung Nabi Muhammad Saw terima dari Allah SWT.

"Allah SWT secara khusus mengundang Nabi Muhammad Saw untuk menyampaikan perintah shalat kepada pengikutnya atau umat Islam. Sedangkan yang lainnya Allah sampai kepada Rasulullah Saw dengan perantara," ungkapnya.

"Oleh karena itu, seiring peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad Saw, 27 Rajab 1442 Hijriah kita tegakkan - jangan kita tinggalkan lagi shalat wajib lima hingga akhir hayat," demikian Ahmad Supian.
Suasana jemaah Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin sebelum shalat Jumat (5/3). (Syamsuddin Hasan)

Dalam khotbahnya tersebut secara singkat dan umum pula menerangkan, bahwa shalat wajib lima waktu itu ada aturan seperti ketika sakit dan bepergian (musafir) sehingga tidak ada alasan meninggalkannya.




 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021