Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) menginginkan pembangunan ekonomi lingkungan provinsinya tanpa merusak lingkungan itu sendiri.

Oleh karena itu, Komisi III DPRD Kalsel yang juga membidangi lingkungan melakukan studi komparasi ke Kalimantan Tengah (Kalteng), ujar Sekretaris Dewan (Sekwan) provinsi setempat, Drs H Antung Mas Rozaniasyah di Banjarmasin, Selasa.

"Dalam studi komparasi yang dipimpin Ketuanya H Sahrujani dari Partai Golkar itu, Komisi III DPRD Kalsel mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan penyusunan kebijakan instrumen ekonomi lingkungan hidup Kalteng," lanjutnya.

Pada waktu bersamaan dalam kunjungan kerja (Kunker) ke luar daerah, 1 - 3 Maret 2021, beberapa orang dari Komisi I DPRD Kalsel juga melakukan studi komparasi terkait Alat Kelengkapan Dewan (AKD) ke DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalteng.

Sementara Komisi-Komisi lain Kunker ke luar daerah untuk melaksanakan tugas dan fungsi Kedewanan sesuai pembidangan masing-masing, seperti Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalsel melakukan monitoring dan evaluasi PT Bank Kalsel Cabang Jakarta.

Begitu pula kelompok satu Komisi I DPRD Kalsel yang dipimpin Ketuanya Dra Hj Rachmah Norlias dari PAN ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia di Jakarta.

"Tujuan ke Ditjen Dukcapil dalam rangka konsultasi/koordinasi pelayanan administrasi kependudukan pascabencana banjir," tutur Sekwan Kalsel mengutip penjelasan Komisi I DPRD provinsinya.

Kemudian Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel yang dipimpin Ketuanya HM Lutfi Saifuddin SSos dari Gerindra ke Badan Penghubung Perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel di Jakarta.

"Kunker Komisi IV tersebut dalam rangka 'sharing' (tukar pendapat) terkait Program Kerja Pembangunan Budaya Banjar pada Anjungan Kalsel di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)," demikian HAM Rozaniasyah.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021