Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Pendapat Daerah melaksanakan kegiatan pengumuman dan penyerahan anugerah pajak tahun 2020 dalam rangka sosialisasi sadar pajak.

Kepala ‎Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah ‎Kabupaten HSS, H. Nanang Fahruraji Muhammad Noor, di Kandangan, Kamis (25/2), mengatakan penghargaan diberikan kepada tiga jenis pajak, yakni hotel, restoran dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Tujuan memberikan reward untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang taat dan tepat waktu membayar pajak," katannya, saat menyampaikan laporan, di Gedung Pramuka.

Baca juga: DPRD HSS setujui empat raperda menjadi perda

Dijelaskan dia, penilaian untuk pajak hotel dan restoran yang dinilai terdiri dari hotel 11 wajib pajak ‎dan restoran 160 wajib pajak, dan untuk PBB yang menjadi peserta 11 Kecamatan‎ dalam kegiatannya mengelola pajak di wilayahnya masing-masing.

Metode penilaian hotel dan restoran berdasarkan kesesuaian tarif dan ketepatan laporan, dan untuk PBB berdasarkan jumlah target dan jumlah wajib pajak serta waktu pelunasan.

Bupati HSS H Achmad Fikry,  mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan pada akhir tahun pihaknya memberikan penghargaan kepada wajib pajak pengelola hotel, restoran dan PBB.

“Biasanya diserahkan pada saat apel karena pandemi COVID-19, jadi kita serahkan hari ini sebagai reward penghargaan kepada mereka, karena aktif melaporkan pajak ke Badan Keuangan Daerah pajak yang mereka pungut," katanya.

Baca juga: Pemkab HSS siapkan dana Rp1,4 miliar sukseskan TMMD ke-110

Menurut dia, telah menyampaikan agar tidak ragu melakukan pungutan pajak hotel, pajak restoran dan PBB, kalau hotel dan restoran itukan sudah kewajiban orang yang menginap dan makan bayar, mereka hanya membantu memungutkan saja mereka tidak ada beban membayar tapi yang bayar yang menginap dan makan.

Ke depannya, akan melengkapi sarana pemungutan yang bisa terkontrol dengan baik, paling tidak semangat melaporkan secara manual ada semangat mereka untuk membantu pemerintah mengumpulkan dana pendapatan hasil daerah jadi nanti bisa dilengakapi dengan mesin dan bisa lebih akurat.

Turut Hadir, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda HSS Efran, para staf ahli, para kepala SKPD di lingkup Pemkab.HSS, para camat se Kabupaten HSS dan Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021