Pemerintah Kota Banjarbaru menerima Dana Insentif Daerah (DID) bidang persampahan tahun 2020 sebesar Rp6 miliar karena kinerjanya dinilai baik dalam mengurangi sampah di wilayah kota setempat.

Selain menerima DID miliaran rupiah, Pemkot Banjarbaru juga menerima plakat penghargaan dari Kementerian LH dan Kehutanan RI ssbagai bentuk apresiasi terhadap pengurangan sampah tersebut. 

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas DID maupun penghargaan yang telah diberikan Kementerian LHK. Tentu apresiasi itu menjadi pemacu semangat bekerja lebih baik," ujar Plh Wali Kota Said Abdullah, Senin. 

Pemberian penghargaan dan DID itu disampaikan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 melalui video conference diikuti Plh Wali Kota Said Abdullah di ruang tamu wali kota. 

Kegiatan yang berlangsung secara virtual itu juga diikuti Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjarbaru Sirajoni dan Kepala BPKAD Jainudin yang gembira dan senang karena mendapat penghargaan sekaligus DID. 

Tema peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 "Sampah bahan baku ekonomi dimasa pandemi diambil dari arah positif pertumbuhan industri pengolahan sampah di tengah resesi ekonomi akibat COVID-19. 

"Seluruh jajaran pemkot siap bekerja lebih giat mengelola sampah dan akan berusaha mengurangi sampah dari sumbernya. Sampah bukan hanya soal bau tetapi bisa berubah jadi penghasil uang bagi keluarga," kata Said.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021