Prusahaan batubara PT Borneo Indo Bara (BIB) di Kabupaten Tanah Bumbu, menyalurkan bantuan sembako kepada para korban banjir di sejumlah kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan

Dept Head External PT Borneo Indobara, R Lington di Batulicin, Selasa mengatakan, pendistribusian bantuan tersebut berupa beras, gula, minyak goreng, kopi, teh, bumbu dapur seperti bawang merah dan putih, cabai, santan, mie instant, susu, kecap, saos sambal dan lain sebagainya.

"Sebelumnya pada saat awal bencana banjir di Kalsel PT BIB External,CSR,ERT juga ikut andil membantu melakukan evakuasi masyarakat yang terdampak bencana, selain itu pihak maajemen juga  menyalurkan bantuan obat-obatan," katanya.

Dia mengatakan, ada 23 desa yang terdampak banjior dan sudah menerima bantuan sembako dari PT BIB. Begitu juga yang bencana gempa di Sulawesi barat PT BIB menurunkan team ERT di sana.
 
Selain menyalurkan bantuan sembako, PT BIB juga membuat saluran air bersih di Desa Baru- Waki Kecamatan Batu Benawa, Barabai oleh yang bekerjasama dengan Sinarmas Mining.

Menurutnya, ratusan rumah rusak parah hingga rata dengan tanah, sebagian juga ada yang hilang terbawa arus banjir sehingg perlu banyak bantuan terutama sembako dan air bersih.

"Saat ini krisis air bersih terjadi di Desa Baru Waki yang paling terdampak banjir di Kecamatan Batu Benawa, sehingga kami berinisiatif membuat membuatan saluran air bersih," kata dia.

Saat ini sudah dilakukan pemasangan dua line pipa yang membentang diatas sungai selebar 70 meter.

Pekerjaan pemasangan pipa dimulai dari membuat bronjong di tepi sungai. Kemudian pemasangan pipa besi sebagai penyanggah pipa, dan memasang bentangan sling sepanjang 100 meter untuk tempat menggantungkan dua line pipa air tiga inch.

Menarik dalam pengerjaannya Sinarmas Mining, PT Borneo Indobara dan Polres Hulu Sungai Tengah mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi secara kelompok, bergiliran bahkan dengan melakukan kerja lembur agar hasilnya cepat dirasakan oleh masyarakat penerima manfaat Desa Baru Waki.

Warga tampak antusias dalam membantu pengerjaan bahkan warga menunjukkan kontribusinya dengan mengatur jadwal kerja secara bergiliran.

"Pengaturan tahapan pekerjaan diatur oleh anggota Bhabinkamtibmas Polres HST Aiptu Nanang Purnomo, dan dari CSR PT BIB, Wahyudi, begitu juga untuk pemasangan pipa saluran air bersih juga dikoordinir langsung oleh Kapolres dan saya sendiri," jelas R Lington.

Tak hanya mengalirkan air bersih ke dua desa tersebut, Sinarmas Mining PT Borneo Indobara dan Polres HST juga membuat dua bilik MCK bagi warga terdampak.

"Karena banyak rumah warga yang rusak dan sudah tidak ada MCKnya," tambah Lington.

Sekali lagi pihak Sinarmas Mining PT Borneo Indobara mengucapkan terima kasih kepada pihak yang turut dalam mewujudkan penbuatan air bersih ini, antara lain seperti masyarakat Desa Baru yang begitu bersemangat, Pamsimas HST, PUPR, PLN, pihak kepolisian Polres HST /Polsek Batu Benawa, Perusahaan Daerah Air Minum.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021