Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Tradisi Baayun Maulid setiap bulan Rabiul Awal kembali digelar Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin yang bertepatan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1436 Hijriyah.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan Baayun Maulid ini semakin menumbuhkan kecintaan kita dan anak-anak kita semua kepada Rasulullah Muhammad SAW,” ujar H Muhidin di sela-sela kegiatan

yang akan dijadikan kegiatan rutin tahunan Pemko ini di halaman Masjid Sultan Suriansyah, Kuin Utara, Sabtu (3/1),  menuru siaran pers Humas Pemko Banjarmasin yang diterima, Senin.

Kegiatan yang dulunya dilaksanakan di kompleks Makam Sultan Suriansyah ini dipindahkan ke halaman Masjid Bersejarah Sultan Suriansyah  yang sama-sama berada di kawasan Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini meningkat drastis dibanding tahun lalu, jika pada 1435 Hijriyah lalu hanya diikuti 160 peserta namun pada pelaksanaan Baayun Maulid tahun 1436 Hijriyah ini peserta membludak mencapai 960 peserta.

Walikota Banjarmasin H Muhidin bersama keluarga, Ketua DPRD H  Iwan Rusmali, Wakil Wali Kota HM Irwan Anshari, Sekretaris Daerah H Zulfadli Gazali dan Kepala SKPD di lingkungan Pemko Banjarmasin ikut baayun dengan diiringi pembacaan Syair Maulid Al Habsy oleh Grup Al Bukhori Banjarmasin.

Warga yang mengikuti kegiatan tidak hanya berasal dari Banjarmasin namun juga dari kabupaten tetangga seperti Barito Kuala, Rantau, Kandangan serta Tanah Bumbu, sedangkan untuk peserta termuda pada kegiatan kali ini berusia 14 hari dan yang tertua berusia 80 tahun, keduanya merupakan warga kota Banjarmasin.

Peserta Baayun Maulid ini juga berkesempatan mendapatkan hadiah yang langsung diundi H Muhidin berupa dua unit sepeda motor, selain itu panitia juga menyediakan hadiah lain berupa lemari es, televisi serta puluhan hadiah lainnya.

Setelah selesai baayun, jajaran Pemko Banjarmasin kemudian melanjutkan kegiatan dengan Haulan Sultan Suriansyah di kompleks Makam Sultan Suriansyah dengan dipimpin Ustadz KH Muhammad Maulani./e



Pewarta: Asmuni

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015