Sebanyak 3.600 dosis Vaksin Sinovac telah tiba di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), ini sesuai dengan rencana untuk pemberian vaksin untuk seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dalam waktu dekat segera akan dilaksanakan pula di Kabupaten HSS.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS, Siti Zainab, di Kandangan, Kamis (28/1), mengatakan materi dan peralatan pendukung vaksin sudah tiba di HSS yang langsung didistribusikan oleh rombongan Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Rombongan ini sendiri sampai di kota Kandangan menggunakan 2 buah mobil dengan pengawalan ekstra ketat dari aparat kepolisian, dan langsung menuju Gudang Farmasi yang ada di Desa Gambah Luar untuk disimpan dan diamankan," katanya, dalam keterangan.

Baca juga: Pacu tingkat kesadaran masyarakat, KIE COVID-19 HSS tetap dilanjutkan

Dijelaskan dia, sebelum vaksin diberikan kepada masyarakat umum, terlebih dahulu secara seremonial nanti akan didahului oleh Forkopimda, pejabat dan tenaga kesehatan HSS.

Vaksin yang diterima HSS berjumlah 3.600 dosis yang akan diberikan dalam dua kali penyuntikan, pemberian vaksin sendiri rencananya akan dilaksanakan di 23 Fasilitas Kesehatan (Faskes), termasuk RSUD Brigjend Hasan Basry dan RS Daha Sejahtera, selain vaksin diterima pula paket Alat Pelindung Diri (APD).

Kabag Ops Polres HSS, AKP. Agus Sugianto, mengatakan aparat kepolisian mendukung penuh dengan mengawal pelaksanaan vaksin ini, hal ini dilakukan tidak hanya saat pendistribusian, namun juga saat pelaksanaan vaksin di lapangan nanti.

Baca juga: Klaster perkantoran picu kenaikan kasus positif COVID-19 HSS jadi 740 orang

"Untuk personil yang kami terjunkan dalam.pengamanan vaksin ini dari Polres sendiri sebanyak 110 orang dan dibackup pula dari Polda Kalsel dan Brimob, khusus selama penyimpanan ini, kami akan jaga 1 X 24 jam dengan tiga orang personil secara bergantian," katanya.

Adapun, apabila sesuai agenda direncanakan untuk pemberian Vaksin Sinovac untuk warga HSS ini akan dilaksanakan secara serentak, yaitu pada tanggal 01 dan 02 Februari mendatang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021