Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Profesor Udiansyah memimpin langsung tim survei yang terdiri dari gabungan PTS di Kalimantan Selatan untuk melihat secara langsung kondisi Kabupaten Hulu Sungai Tengah paskabanjir dan rencana bantuan pembangunan fasilitas umum yang akan dilakukan oleh tim LLDIKTI PEDULI.

Menurut Profesor Udiansyah di Banjarmasin Kamis (28/1/2021), dirinya bersama gabungan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mendatangi lokasi paskabanjir di Desa Alat, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang merupakan salah satu daerah yang paling berat terdampak banjir, seperti beberapa fasilitas umum mengalami rusak total bahkan lenyap.

"Kedatangan kami dan rombongan ke daerah tersebut pada selasa 26 Januari lalu, untuk memastikan kebutuhan fasilitas umum apa yang prioritas dibangun dengan sasaran Desa Alat sebagai kawasan yang paling parah terkena dampak bencana banjir di HST," katanya.

Rombongan yang datang bersama dengan Prof Udiansyah ke desa Alat yaitu, Wakil Rektor I Anggrita Sari, S.SiT, M.Pd., M.Kes., Wakil Rektor III Universitas Sari Mulia Banjarmasin Dr. Ir.  Agustinus Hermino Superma Putra, M.Pd, Kabiro Adm. & KetataUsahaan Univ. Sari Mulia Banjarmasin Yeni Widada, S.H.

Selanjutnya, Wakil Dekan III Fakultas Teknik Sipil UNISKA M.A.B Banjarmasin Ir. Akhmad Gazali, ST., M.T., IPM., Dosen Tetap Prodi Teknik Sipil UNISKA M.A.B Banjarmasin  Ir.Fathurrahman, S.T., M.T dan beberapa anggota tim lainnya.

Rombongan juga didamping oleh pejabat daerah, antara lain Kepala Dinas Perkim Fajarudin beserta staf dan Camat Hantakan Kartadipura dan Kepala  Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kab. HST Ramadhan.

"Kami diamanahi rekan-rekan dari PTS-PTS yang ada di seluruh Kalimantan dan karyawan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan untuk menyalurkan donasi yang mereka berikan, sekira bermanfaat untuk membantu pembangunan fasilitas umum," ujar Prof Udiansyah.

Dr Agustinus Hermino Superma Putra mengatakan, berdasarkan hasil survei bersama Ir Fathurrahman, ST MT dan Ir Akhmad Gazali, ST IPM, merencanakan akan membangun masjid desa Alat yang lenyap diterjang banjir.
 
Kepala LLDIKTI Wilayah XI pimpin tim survei gabungan PTS Kalimantan ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) untuk melihat secara langsung kondisi daerah paskabanjir dan memastikan rencana pembangunan fasilitas umum dari LLDIKTI PEDULI. (Antaranews Kalsel/Humas LLDIKTI Wilayah XI)

"Tim kami terlebih dahulu akan membuatkan desain konstruksi bangunan masjid beton, yang rencananya dibangun dua lantai," katanya.

Selain itu Dr Agustinus meminta agar pihak Kecamatan Hantakan dan Kepala Desa serta tokoh agama setempat agar secepatnya dapat membantu membuatkan dokumen kepastian kepemilikan tanah yang diatasnya akan dibangun masjid tersebut.

Prof Udiansyah menambahkan bahwa pihaknya mengharapkan partisipasi pihak-pihak lain untuk turut bergotong royong membantu penyelesaian pembangunan masjid berukuran 12,5 X 12,5 meter tersebut yang jelas menelan biaya besar.

"Untuk sementara, rencananya kami sebatas membangunkan pondasi hingga berdiri konstruksi masjid dua lantai dan MCK di atas tanah tersebut" ujarnya.
 
Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat tersebut menambahkan, bila renacana pembanguan Masjid di Desa Alat Kecamatan Hantakan ini, sudah dikoordinasikan dengan BPBD, Dinas Perkim, Bagian Pembangunan Setda Kab HST, Camat Hantakan, Kepala Desa Alat, dan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Selain itu tim gabungan dari LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan dan PTS tersebut menyerahkan bantuan obat-obatan untuk mendukung pelayanan kesehatan kepada korban banjir di Kecamatan Hantakan. 
 
Kepala LLDIKTI Wilayah XI pimpin tim survei gabungan PTS Kalimantan ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) untuk melihat secara langsung kondisi daerah paskabanjir dan memastikan rencana pembangunan fasilitas umum dari LLDIKTI PEDULI. (Antaranews Kalsel/Humas LLDIKTI Wilayah XI)

Sehari sebelumnya, Bupati HST H A Chairansyah saat menerima kedatangan rombongan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan dan PTS di kediaman bupati setempat (26/1).

Pada kesempatan tersebut, bupati menyatakan rasa terima kasih atas kepedulian dan bantuan dari semua pihak yang telah membantu penanggulangan bencana  banjir  d HST, termasuk dari LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan beserta PTS.

"Kami menyambut baik dan gembira dengan adanya uluran bantuan semua pihak yang tentunya sangat berarti pasca terjadinya bencana banjir" ujar Chairansyah.

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021