Curah hujan tinggi beberapa hari terakhir yang menyebabkan banjir di sejumlah daerah di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, tidak mempengaruhi kondisi bendungan dari proyek strategis nasional di Tapin yang masih tetap aman dan normal.

"Sungai Tapin siaga 1, Sungai Binuang normal dan Sungai Margasari : normal," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapin, dilaporkan, Sabtu.

Dikatakan, sampai saat ini masih belum terjadi banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tapin, yakni, Kecamatan Bungur dan Tapin Utara.

Sesuai dengan fungsinya proyek strategis nasional (PSN) saat cuaca ekstrim ini berperan untuk meredam potensi banjir di Tapin.
 
Pelaksana Penanggungjawab Keamanan Bendungan Pipitak Jaya luapan Sungai Tapin saat ini mungkin karena kiriman dari anak anak sungai di sepanjang DAS.

"Secara umum keadaan terkendali, debit air bendungan naik cukup signifikan tetapi belum sampai melimpas puncak pelimpah. Elevasi air waduk sekarang 141,30 meter posisi siang ini," terangnya.

Sedangkan elevasi puncak pelimpah 145,50 meter , masih dalam kapasitas normal,"

Kondisi tersebut diharapkannya masyarakat Tapin, khususnya di sepanjang DAS Sungai Tapin untuk tidak panik dan tetap menghindari apabila ada isu jebolnya bendungan.

 

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021