Banjarbaru, (Antaranews Kalsel ) - Kejaksaan Negeri Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, berkomitmen mencegah dan menindak setiap tindak pidana korupsi baik di pemerintahan maupun instansi lainnya.


"Segenap jajaran Kejari Banjarbaru berkomitmen mencegah dan menindak korupsi," ujar Kepala Kejari Banjarbaru Ferizal di sela-sela peringatan Hari Anti Korupsi di Banjarbaru, Selasa.

Ditegaskan, komitmen mencegah dan menindak korupsi bukan hanya saat peringatan hari anti korupsi saja tetapi dijalankan dalam pengawasan kegiatan pusat maupun daerah.

Dijelaskan, jajaran Kejari Banjarbaru sebagai aparat penegak hukum siap mengawasi pelaksanaan kegiatan dan mengambil langkah hukum yang diperlukan dalam penanganannya.

"Harapan kami, seluruh kegiatan berjalan lancar tanpa adanya korupsi, tetapi jika ada indikasi korupsi maka sesuai komitmen, kami tentu serius menanganinya," ucap dia.

Menurut dia, langkah pencegahan yang dilakukan berupa penyuluhan tentang korupsi baik terhadap anak-anak sekolah maupun aparatur Pemkot Banjarbaru serta masyarakat.

Ditekankan, penyuluhan dalam rangka sosialisasi cukup efektif dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi karena memberikan ilmu dan pemahaman tentang korupsi.

"Melalui sosialisasi, setiap peserta mengetahui bentuk tindak pidana korupsi sehingga bisa mencegah agar tidak melakukan termasuk mencegah orang sekitarnya," ujar dia.

Dikatakan, sesuai tema peringatan hari anti korupsi 2014 yakni berantas korupsi mulai dari diri sendiri sehingga masyarakat juga diminta pro aktif melaporkan terjadinya korupsi.

"Pencegahan korupsi dimulai dari diri sendiri dengan menyadari dampak korupsi merusak sendi kehidupan dan pembangunan sehingga harus mampu dimulai dari diri sendiri," kata dia.

Sementara itu, peringatan hari anti korupsi di isi jajaran Kejari Banjarbaru dengan membagi-bagikan bunga dan stiker berisi ajakan tolak korupsi yang diberikan kepada masyarakat.

  Kegiatan dipimpin Kajari Banjarbaru Ferizal dilakukan di depan taman air mancur Jalan Ahmad Yani Km 34 Kota Banjarbaru menyerahkan bunga dan stiker kepada pengguna jalan.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014