DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan mengharapkan kesadaran dan keikutsertaan masyarakat di provinsinya dalam mengelola objek wisata setempat.

Ketua Komisi II DPRD Kalsel Imam Suprastowo mengemukakan harapan tersebut saat pertemuan dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut (Tala) di Pelaihari (65 kilometer timur Banjarmasin), Senin (11/1).

"Dengan tingkat kesadaran yang tinggi dan keikutsertaan masyarakat, Ketua Komisi II DPRD Kalsel berharap membuat obyek wisata menjadi lebih baik dan kondusif," kutip staf Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel Ricky Herald.

Menurut Imam, politikus senior Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, walau hasil dari objek wisata di kabupaten/kota tidak menjadi pendapatan asli daerah (PAD) pemerintah provinsi (Pemprov), namun pihaknya terus pula mempromosikan/mengkampanyekan objek-objek wisata tersebut.

Pasalnya selain ikut mendorong atau meningkatkan ekonomi kerakyatan setempat,  melalui kegiatan kepariwisataan seperti banyaknya kunjungan wisatawan ke obyek wisata membuat Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Kalsel menjadi lebih baik, lanjut staf Setwan Kalsel tersebut mengutip pendapat Ketua Komisi II DPRD setempat.

Mengenai kunjungan kerja ke "Bumi Tuntung Pandang" Tala, Imam yang juga politikus senior Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu menyatakan, pada dasarnya untuk menggali potensi wisata di kabupaten tersebut, baik yang dikelola pemerintah daerah (Pemda) setempat maupun Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan masyarakat.

"Bumi Tuntung Pandang" Tala memiliki banyak potensi wisata, mulai dari pantai, perkebunan, pertanian, termasuk kehutanan yang sudah dikelola beberapa KPH, seperti di Gunung Kira dan Goa Marmer. 

Oleh karenanya wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VII/Kota Banjarbaru dan Tala tersebut mengharapkan kesadaran masyarakat di sekitar obyek wisata, terutama dalam menerima kehadiran tamu atau wisatawan yang ingin menikmati obyek wisata di wilayahnya.

Selain itu, meminta pemerintah daerah (Pemda) setempat untuk giat menggerakkan masyarakat buat mendukung keberadaan destinasi wisata yang ada di daerahnya.

“Karena itu, sejak awal Komisi II menekankan bahwa untuk  membuat obyek wisata itu jadi lebih baik dan lebih kondusif adalah dengan mengikitsertakan masyarakat sekitar obyek wisata tersebut," demikian Imam Suprastowo.

Menerima kedatangan rombongan Komisi II DPRD Kalsel tersebut, Wakil Bupati Tala Abdi Rahman di Aula Kantor Dinas Pariwisata kabupaten setempat di Pelaihari, demikian Ricky Herald.



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021