Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry dan Wakil Bupati Syamsuri Arsyad menebar benih ikan di Dusun Pantai Langsat, Desa Hulu Banyu Kecamatan Loksado, dan di Dusun Sindawak, Desa Hamak Utara, Kecamatan Telaga Langsat yang merupakan bantuan untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) setempat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. H. Akhmad Mawardi, di Telaga Langsat, Rabu (6/1), mengatakan bantuan benih ikan yang telah disebar diberikan untuk KWT Al Hidayah di Dusun Pantai Langsat dan KWT Cempaka di Dusun Sindawak sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk warga yang terdampak COVID-19.

"Selain itu, ada sembilan desa KWT tersebut yang mendapat bantuan, yakni Desa Tambingkar, Kecamatan Kalumpang, Desa Wasah Hulu Kecamatan Simpur, dan Desa Lungau Kecamatan Kandangan," katanya, dalam laporan.

Selanjutnya, di Desa Malilingin dan Desa Jelatang Kecamatan Padang Batung, Desa Halunuk dan Dusun Pantai Langsat Kecamatan Loksado, serta Dusun Sindawak Desa Hamak Utara, Kecamatan Telaga Langsat.

Dijelaskan dia, KWT merupakan binaan dari Dinas Ketahanan Pangan, yang mana setiap kelompok berjumlah 30 orang. KWT ada sebagian yang mendapat hidroponik, ada juga yang dapat bioflok saja, serta ada yang mendapat keduanya yakni hidroponik dan bioflok.

Kegiatan bioflok yang diberikan kepada masyarakat masing-masing dua unit bioflok diameter tiga, dengan jumlah dua ribu benih ikan nila, di mana bantuan ini berasal dari dana insentif daerah tahap kedua.

"Tahap pertama sebelum diberikan bantuan ini, penerima manfaat dikumpulkan semua lalu diberikan penyuluhan dan teknis pengelolaan kegiatan beberapa kali," katanya, dalam keterangan.

Menurut dia, langkah kedepannya pihaknya membentuk grup wa, didaftarkan semuanya sehingga ada diskusi kalau ada kelompok yang memiliki hambatan, maka semua bisa memberikan sumbang saran, dengan cara ini karena lokasinya berjauhan sehingga diharapkan komunikasi ini selalu ada.

Setelah menebar benih ikan di dua lokasi, Bupati HSS beserta rombongan melanjutkan syukuran di Langgar Darul Falah Dusun Sindawak Desa Hamak Utara Kecamatan Telaga Langsat.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan tadi telah menebar benih ikan yang mana ini merupakan upaya pemerintah untuk berusaha memperhatikan masyarakatnya. Terkait selesainya langgar ini, ia menjelaskan jika semua langgar listriknya setiap bulan dibayar pemerintah daerah.

Disetiap kesempatan ia selalu mengingatkan untuk melaksanakan protokol kesehatan, setiap keluar rumah selalu memakai masker dan berharap kepada masyarakat jika sholat lima waktu tetap menjaga jarak dan memakai masker.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pembangunan langgar Darul Falah Dusun Sindawak Desa Hamak Utara, Kecamatan Telaga Langsat pada hari ini, Rabu (6/1) dinyatakan resmi dipergunakan," katanya, dalam sambutan.

Dikesempatan itu, Pimpinan Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan Khalid Viktor, R.M menyerahkan bantuan alat sound sistem kepada panitia langgar untuk Langgar Darul Falah.

Sekretaris KWT Al Hidayah, Saniahm mengucapkan terima kasih dan berharap semoga bisa mengurus juga diberikan kelancaran untuk memelihara benih ikan yang telah diberikan.

Turut hadir, Wakapolres Kompol Reinaldo, Kepala Dinas Perikanan H. Saidinoor, Kepala Dinas Perhubungan Tafrinsyah, Plt. Kabag Protokol dan Kehumasan, Perwakilan dandim, Camat Loksado, Camat Telaga Langsat, Forkopimcam, para kepala desa setempat, serta warga Dusun.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021