Kegiatan bakti sosial berupa sunatan massal dan donor darah mengawali peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke 48 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sunatan massal dan donor darah berlangsung di Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalsel - Jalan A Yani km6 Banjarmasin, Ahad (3/1).

Kegiatan sunatan massal tersebut bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Kalsel dan donor darah kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin.

Pada kesempatan itu, Sekretaris DPD PDIP Kalsel Muhammad Syaripuddin SE menyatakan, kepengurusannya akan terus menggalang kerja sama, baik dengan PPNI dan PMI maupun pihak lain guna kemaslahatan Banua.

"Kerja sama itu tidak sebatas sunatan massal dan donor darah, tetapi bidang lain terkait upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kalsel yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota," tegas laki-laki yang akrab dengan sapaan Bang Dhin tersebut.
Kegiatan sunatan massal dalam rangka HUT ke 48 PDIP di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Ahad, 3 Januari 2021. (Istimewa)

"Sebagai contoh, kami juga bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) seperti mengikuti pelatihan penanggulangan bencana, sehingga anggota/kader PDIP bisa ikut pula berpartisipasi dalam penanggulangan bencana di Kalsel," lanjut Bang Dhin yang Wakil Ketua DPRD Provinsi setempat.

Ia menambahkan, selain kegiatan sosial PDIP Kalsel juga mengajak semua elemen masyarakat Kalsel agar peduli terhadap lingkungan, baik upaya menjaga kelestarian maupun melakukan rehabilitasi lahan kritis atau rusak.

"Dalam kaitan kebersamaan dengan masyarakat terhadap peduli lingkungan, pada peringatan HUT ke 48 PDIP di Kalsel akan menanam 5.000 pohon mangrove atau bakau," ujarnya.

"Penanaman pohon mangrove itu pada puncak peringatan HUT ke 48 PDIP yaitu 10 Januari 2021 dengan melibatkan masyarakat," demikian Bang Dhin.

Sementara Ketua Pelaksana Sunatan Massal dan Donor Darah dalam rangka HUT ke 48 PDIP tersebut, Rizal menerangkan, sunatan massal gratis diikuti 25 anak dan donor darah sebanyak 50 orang.



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021