Kotabaru, (Antara) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten menggandeng Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Paris Barantai, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menangkal peredaran narkoba melalui program jalan sehat yang diikuti ribuan peserta.

Ketua Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK), Kotabaru, H Rudy Suryana, Minggu mengatakan, jalan sehat tersebut merupakan salah satu program unggulan BNNK Kotabaru periode 2014.

"Jalan sehat yang diikuti pelajar, mahasiswa, alumnus dan STKIP, anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), serta semua elemen masyarakat tersebut merupakan salah satu media sosialisasi BNNK Kotabaru, untuk memerangi peredaran narkoba," imbuhnya.

Menurut Ketua BNNK yang juga Wakil Bupati Kotabaru, untuk memerangi maraknya peredaran Narkoba, BNNK perlu melakukan inovasi dan kreatif, seperti, menggandeng perguruan tinggi, dan memanfaatkan kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak.

Selain jalan sehat, BNNK Kotabaru periode 2014 juga menggelar pendidikan dan pelatihan taruna antinarkoba, berbagai lomba, sosialisasi, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bekerja sama dengan organisasi keagamaan dan kemasyarakatan di Kotabaru.

Periode 2013, BNNK Kotabaru juga mempunyai program unggulan, yakni, membentuk desa percontohan yakni, desa bebas dari peredaran Narkoba, yaitu, desa Sebelimbingan, Pulaulaut Utara, Kotabaru.

Memerangi peredaran Narkoba, bukan hanya menjadi tugas BNNK semata, akan tetapi menjadi tugas bersama, di antaranya, para orangtua, pemerintah, pendidikan dan stake holder.

Direktur sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Paris Barantai, Kotabaru, Zulkifli AR, mengatakan, kegiatan jalan sehat tersebut juga bagian dari kegiatan kemahasiswaan dan alumnus STKIP yang baru saja melakukan sidang senat terbuka dan wisudawan 520 mahasiswa.

"Jalan sehat ini menjadi momentum yang baik, untuk dapar bersilaturahmi antarmahasiswa, dosen, alumnus dan elemen masyarakat," ujarnya.

Yang tidak kalah pentingnya, lanjut Direktur STKIP, jalan sehat juga menjadi ajang sosialisasi BNNK untuk memerangi peredaran Narkoba di Kotabaru.

Memberikan motivasi bagi peserta jalan sehat, panitia penyelenggara menyediakan ratusan hadiah, di antaranya, dua unit sepeda motor, mesin pendingin (kulkas), pesawat televisi, dan barang-barang berharga lainnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014