Selalu ada cara bagi Profesor Udiansyah untuk terus bergerak melakukan berbagai program dan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan maupun di lembaga yang dia pimpin.

Salah satunya adalah mengajak seluruh staf Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan memanfaatkan hari di penghujung tahun dengan menanam pohon ulin yang merupakan pohon khas Kalimantan di lingkungan kantor pada Rabu (30/12/2020).

Sebagai Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Rabu (30/12/2020), Prof Udiansyah selalu berkomitmen untuk terus berupaya menyelamatkan lingkungan dari ancaman perubahan iklim yang terjadi.

Alumni S3 University of the Philippines Los Banos tersebut, juga mengajak para dosen di seluruh PTS di wilayah Kalimantan menanam pohon, minimal satu orang satu untuk menyelamatkan lingkungan dari perubahan iklim yang membahayakan ini.
. (Antaranews Kalsel/Humas LLDIKTI XI)

"Upaya menanam pohon yang kami lakukan saat ini, merupakan salah satu upaya mitigasi dari dampak perubahan iklim," katanya.

Menurut alumni SI Ilmu Ekonomi Kehutanan Universitas Mulawarman tersebut, perubahan iklim membawa dampak buruk bagi kehidupan masyarakat dan sekitarnya, salah satunya adalah dengan munculnya berbagai penyakit yang sebelumnya tidak ada.

Sehingga, menyelamatkan lingkungan dengan menanam pohon, menjadi salah satu tanggung jawab bagi semua orang untuk terus dilaksanakan.

Prof Udi juga berharap, seluruh PTS bisa menyiapkan bibit pohon yang bisa ditanam di lingkungan kampusnya demi lingkungan yang lebih baik.

"Saya berharap, seluruh PTS bisa menyiapkan bibit pohon dan mengajak dosen menanam minimal satu orang satu pohon," katanya.

Menurut dia, dengan menanam pohon maka dampak perubahan iklim berkurang, karena ada yang menyerap emisi dan lingkungan menjadi sehat kembali.

 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020