Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Hj Fathul Jannah Muhidin menyerahkan bantuan alat timbangan untuk memancing para ibu-ibu untuk menimbangkan para balita ke Posyandu dalam upaya menciptakan anak-anak yang sehat.


Bantuan timbangan atau dacing yang diserahkan secara simbolis kepada tiga kelurahan yaitu Kelurahan Kelayan Luar, Pemurus Dalam, dan Pekapuran, demikian Kepala Bagian Humas Pemkot Banjarmasin, Kurnadiansyah kepada wartawan di balaikota setempat, Selasa.

Dijelaskan alat timbangan yang diberikan bukanlah timbangan klasik yang selama ini dikenal yaitu dacing yang digantungi bersama dengan kain sarung yang dibuat seperti ayunan.

Tetapi alat timbangan yang diserahkan adalah timbangan yang sudah dimodifikasi dengan menjadi sebuah timbangan unik berbentuk mobil-mobilan dan binatang sesuai dengan kegemaran anak-anak agar anak-anak senang kalau mau ditimbang, katanya.

Alat timbangan ini merupakan inovasi yang disampaikan melalui Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) yang dihadiri oleh H Hazerul Hayatullah (Lurah Sungai Bilu), dr. Sri Astuti Setiawati (saat itu sebagai Plt. Kepala Puskesmas Sungai Bilu), bidan Kelurahan Sungai Bilu, H Hasan selaku Pembina Puskesmas Sungai Bilu, Ketua-ketua RT dan tokoh masyarakat serta pihak lain yang terkait pada tanggal 26 September 2013 yang lalu.

Salah satu kesepakatan yang dihasilkan adalah pihak kelurahan beserta jajarannya mendukung pembuatan timbangan Posyandu model baru yang dinamakan timbangan odong-odong. Tetap dengan mengedepankan unsur validitas data, keamanan dan kenyamanan bagi balita.

Sebagai apresiasi dari inovasi timbangan odong-odong yang dicetuskan oleh Bidan Kelurahan Puskesmas Sungai Bilu dan dikoordinasikan melalui MMK, pada tanggal 05 Maret 2014 yang lalu dilakukan peluncuran Timbangan Odong-odong berbarengan dengan kegiatan Posyandu Nusa Indah I dan VII di halaman Kelurahan Sungai Bilu.

Selanjutnya timbangan tersebut akan digunakan sebagai instrumen penimbangan berat badan di Posyandu Nusa Indah I dan II. Dalam sambutannya, Lurah Sungai Bilu, H. Hazerul Hayatullah menyampaikan bahwa pihak kelurahan akan turut memberikan bantuan timbangan odong-odong sebanyak 2 (dua) buah.

Tujuan dari inovasi ini adalah meningkatkan jumlah kunjungan ibu-ibu untuk menimbang balitanya sehingga berat badan balita selalu terpantau setiap bulannya. Out put yang diharapkan adalah target program kesehatan dapat tercapai secara optimal. Dengan adanya inovasi ini, diharapkan pula dapat melahirkan inovasi-inovasi baru lainnya sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014