Balitbangda dan SKPD lainnya di Kabupaten Balangan menargetakan  menanam sebanyak 200 pohon di Kebun Raya Balangan dalam rangka memperingati Bulan Menanam Pohon Nasional Tahun 2020,Jum’at (18/12/2020).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Balangan, Aidinnor  mengatakan ada beberapa jenis pohon yang ditanam di Kebun Raya Balangan.

“Program ini merupakan lanjutan kegiatan sebelumnya, dan hari ini ada beberapa SKPD yang menjadwalkan untuk menanam pohon di Kebun Raya Balangan ini,” katanya.

Aidinnor berharap, untuk selanjutnya, SKPD yang belum menjadwalkan, dalam satu atau dua minggu kedepan agar dapat menghubungi petugas Kebun Raya untuk melakukan penjadwalan.

Selain terus menambah koleksi tanaman pohon di Kebun Raya, tambahnya,  pihaknya juga membenahi infrastruktur dan hal lainnya.

"Kami juga terus berupaya meningkatkan infrastruktur yang diperlukan, sehingga fungsi untuk tempat penelitian, konservasi, serta edukasi untuk masyarakat. bisa segera direalisasikan," katanya.

Kepala Dinas PUPR Balangan Tuhalus mengatakan, Dinas PUPR telah menanam sebanyak lima jenis pohon. Berdasarkan informasi dari Balitbangda, baik nama yang menanam, jenis pohon, waktu, serta titik koordinat masuk dalam data Balitbangda.

“Sehingga apabila nanti orang menanyakan siapa yang menanam, itu bisa terlihat dari tiap pohon yang sudah diberi tanda,” ucapnya.

Disamping itu juga kata Tuhalus, PUPR sangat mendukung dengan perkembangan kebun raya yang digagas oleh Balitbangda tersebut, terutama PUPR telah membangunkan sumur bor, jalan utama menuju lokasi kebun raya, serta gedung serbaguna untuk para pengelola.

Kedepan PUPR akan selalu berpartisipasi untuk mendukung perencanaan dari Balitbangda agar semua sarana prasarana bisa terpenuhi melalui APBD daerah.

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020