Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry melantik Dewan Harian Ranting (DHR) Badan Pengurus Pembudayaaan Kejuangan (BPPK) ‘45 yang dilaksanakan, di lapangan basket Antaludin, Kandangan.

Wakil Bupati (Wabup) HSS, Syamsuri Arsyad, di Kandangan, Kamis(17/12), mengatakan pelantikan dewan harian pewarisan nilai-nilai kejuangan 45 tingkat kecamatan merupakan yang pertama di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan satu-satunya atau hanya dilaksanakan di HSS.

“Pelantikan yang kita laksanakan pada hari ini adalah pelantikan pengurus DHR tingkat ranting di 11 kecamatan yang ada di HSS, setiap kecamatan DHR 45 yang dilantik berjumlah 10 orang, tiga orang berhadir ditempat ini ditambah para camat sebagai dewan penasihat dan tujuh orang mengikuti secara virtual ,” katanya.

Baca juga: Sepanjang sejarah napak tilas di HSS tahun 2019 terheboh

Dijelaskan dia, organisasi terus dikembangkan karena semangat yang disampaikan oleh Bupati HSS, agar DHC harus tumbuh dan berkembang karena di HSS, tempat lahirnya basis perjuangan rakyat Kalimantan yang terkenal dengan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Pihaknya menyampaikan akan merenovasi monumen Munggu Raya, di mana monumen Munggu Raya memiliki peristiwa yang harus dilestarikan, selain itu di masa pandemi COVID-19 DHC 45 HSS telah ikut berpartisipasi dalam penanganannya, membagikan 210 paket sembako, faceshield 210 buah, dan 500 masker kain.

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengatakan telah melantik pengurus DHR ‘45 di HSS, dengan harapan ini merupakan generasi penerus yang melaksanakan nilai-nilai perjuangan, dan perjuangan ini berbeda dengan dulu, bila dulu merebut dan mempertahankan sekarang mengisi kemerdekaan dengan pembangunan.

"Jadi karena pengurus dari berbagai profesi, sedangkan mereka mengabdi pada pekerjaan mereka masing masing, serta agar pengurus DHR ’45 yang dilantik dapat menjadi contoh untuk menerapkan protokol kesehatan dan dapat mengemban amanah dengan baik," katanya.

Baca juga: Paman Birin lepas peserta napak tilas

Pelantikan pengurus DHR BPPK ‘45 di wilayah kecamatan se Kabupaten HSS masa bakti 2020-2025 mengusung tema “DHR ‘45 Pewaris Nilai Nilai Kejuangan Untuk Pengabdian Terbaik”, diikuti secara virtual para pengurus DHR ’45 di kecamatan masing-masing.

Kegiatan dirangkai dengan penyerahan bantuan buku-buku kesejarahan perjuangan rakyat Kalimantan dan photo-photo pahlawan Nasional asal Kalsel secara simbolis kepada perwakilan sekolah, yang diserahkan oleh Bupati HSS di dampingi Wakil Bupati HSS.

Turut hadir, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Ketua Pengadilan Negeri Kandangan Dian Erdianto, Sekda HSS H. Muhammad Noor, Perwakilan Kodim 1003 Kandangan, perwakilan Kejari, pengurus DHD 45 Provinsi Kalsel pengurus DHC HSS, para camat selaku Wanhat Kecamatan, serta undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020