Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalimantan Selatan optimistis pasangan calon atau Paslon Gubernur -Wakil Gubernur setempat H Sahbirin Noor - H Muhidin dengan singkatan "BirinMu" menang dalam Pilkada 2020.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr H (HC) H Supian HK SH MH mengemukakan optimistis tersebut dalam keterangan pers di Sekretaris partai politik (Parpol) mereka Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Ahad sore.

"Berdasarkan rekaman/perhitungan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalsel hingga hari ini (13/12) suara masuk baru lebih kurang 50 persen dan selisih kemenangan Paslon Denny-Defri atau Cagub - Cawagub nomor urut dua (2) cuma sekitar satu persen," kutipnya.

Sementara "antong suara" BirinMu atau Cagub - Cawagub nomor urut satu (1) masih banyak, lanjut Supian HK yang juga Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel atau provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

Ia menunjuk kantong-kantong suara pendukung BirinMu yang belum perhitungan sepenuhnya pada KPUD Kalsel yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala (Batola).

"Kalau secara umum di daerah hulu sungai atau 'Banua Anam' Paslon BirinMu kalah, kekalahan itu hanya kalah tipis. Tapi didongkrak oleh Kabupaten Banjar dan Batola," katanya.

"Karena jumlah penduduk atau pemilih di Kabupaten Banjar dan Batola lebih banyak dari enam kabupaten di daerah hulu sungai atau Banua Anam Kalsel," demikian Supian HK.
Grafik data perolehan sementara Pilkada 2020 dari KPUD Kalsel yang menjadi acuan Ketua Bappilu DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK terkait perkiraan kemenangan Paslon BirinMu. (Syamsuddin Hasan)

Banua Anam Kalsel meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Tujuh kabupaten/kota lainnya di Kalsel yaitu Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Batola, Tanah Laut (Tala), Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru.

Dari 13 kabupaten/kota di Kalsel yang juga melaksanakan Pilkada 2020 ada tujuh di antaranya yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, HST, Balangan, Tanbu dan Kotabaru - kabupaten daerah pesisir atau paling timur provinsi tersebut.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020