Kepatuhan PT Astra Agro Lestari Tbk dalam membayar pajak mendapat apresiasi dalam penyelenggaraan event “Tempo Country Contributor Award 2020”, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit itu dinyatakan sebagai The Most Tax Friendly Corporate. 

Senior Vice President of Communications and Public Affair PT Astra Agro Lestari Tbk, Tofan Mahdi, mengatakan berterima kasih banyak kepada rekan-rekan di Tempo yang telah memberikan apresiasi ini.

"Astra Agro akan terus mempertahankan komitmen menjadi perusahaan yang patuh, dan comply dengan semua peraturan yang ditetapkan pemerintah, termasuk aspek perpajakan," katanya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: PT SAM dan PT TBM latih guru di desa lingkar perkebunan

Dijelaskan dia, sesuai dengan visi-misi Astra Agro yang ingin menjadi perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional yang bermanfaat, berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Dan ketaatan terhadap regulasi yang ada, termasuk menunaikan kewajiban membayar pajak sudah menjadi keharusan. Hal tersebut, menurutnya, diterapkan dalam operasional perusahaan sehari-hari.

Pusat Data Analisis Tempo (PDAT) PT Tempo Inti Media Tbk, dan Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) sebelumnya menyelenggarakan event apresiasi untuk pihak-pihak yang dinilai paling berkontribusi di sektor perpajakan. Apresiasi tersebut diberikan kepada perusahaan terbuka atas transparansi dan akuntabilitasnya.

Baca juga: Astra Agro Raih Environment, Social, Governance Award 2020

Selain dari Tempo, anggota Dewan Juri lainnya antara lain adalah Stafsus Menkeu Yustinus Prastowo, Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia Riatu M Qibthiyyaj, Presiden Direktur Danareksa Sekuritas Frederica Widyasari Dewi, dan Sekjen Ikatan Relawan Indonesia Nasjith Majidi. 

Penilaian dilakukan dengan membandingkan laporan keuangan perusahaan dalam tiga tahun terakhir, dari 694 emiten di Bursa Efek Indonesia, 614 di antaranya adalah peserta Tax Award.

Selanjutnya, dari jumlah tersebut dipilih 45 emiten nominator, sebelum akhirnya disaring menjadi sembilan perusahaan terbaik per sektor, Astra Agro berhasil memperoleh peringkat terbaik pada kategori sektor pertanian. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020