Kepedulian pada lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik menjadi perhatian serius bagi PT Astra Agro Lestari Tbk, dan dalam acara bertema “Environment, Social, Governance (ESG) Awards 2020”, perusahaan perkebunan kelapa sawit ini dianugerahi penghargaan. 

Senior Vice President of Communications and Public Affair PT Astra Agro Lestari Tbk, Tofan Mahdi, mengatakan berterima kasih atas apresiasi ini, sebagai perusahaan dengan visi sejahtera bersama bangsa.

"Dan faktor yang dinilai melalui ESG Award 2020 ini memang sudah merupakan bagian penting dalam pengoperasioan perusahaan yang selama ini diterapkan di PT Astra Agro Lestari Tbk," katanya, Rabu (18/11). 

Astra Agro dinobatkan sebagai pemenang pada empat kategori, keempat kategori tersebut yaitu, peringkat terbaik keterbukaan ESG emiten sektor pertanian dan peternakan, peringkat terbaik keterbukaan environmental emiten sektor pertanian dan peternakan.

Baca juga: Astra Argo Lestari bentuk tim khusus internal penanganan COVID-19

Kemudian, peringkat terbaik keterbukaan social emiten sektor pertanian dan peternakan, juga peringkat terbaik keterbukaan governance emiten sektor pertanian dan peternakan.

Bumi Global Karbon Foundation yang merupakan anggota Global Reporting Initiative (GRI), Task Force of Climate-related Financial Disclosure (TCFD) dan partner silver dari Carbon Disclosure Project (CDP) bekerja sama dengan grup media Berita Satu menggagas event tersebut.

Pendiri Bumi Global Karbon Foundation Achmad Deni Daruri, mengatakan pihaknya berharap agar penyelenggaraan ESG Award mendorong perusahaan semakin peduli pada lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik. 

“Kita mengapresiasi perusahaan yang memiliki concern pada isu ESG, yang sudah merupakan isu global,” katanya, pada keterangan pers yang disebarkan setelah acara penghargaan secara virtual.

Baca juga: Peduli pendidikan, PT SAM bagikan beasiswa prestasi sekolah internal dan eksternal

Dijelaskan dia, melakukan penilaian yang beberapa point, di antaranya memeriksa sejauh mana transparansi ESG telah perusahaan lakukan, di mana evaluasi terhadap pengungkapan ESG perlu dilakukan.

Evaluasi bertujuan untuk mengukur sejauh mana transparansi ESG telah dicapai perusahaan, dan ada 38 perusahaan meraih penghargaan dalam keterbukaan pengungkapan ESG.

Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holding, Primus Dorimulu, menyampaikan bahwa ESG merupakan isu penting yang perlu diperhatikan perusahaan demi keberlanjutan perusahaan dan keberlangsungan hidup di dunia dan kepedulian pada ESG merupakan ciri perusahaan modern.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020