Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) meraih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik melalui Program Rumah Sejahtera (PRS) diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSS, Nordiansyah, di Kandangan, Kamis (26/11), mengatakan penghargaan inovasi ini untuk PRS Pemkab HSS merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan melalui Dinas Sosial Kabupaten HSS.

Baca juga: Warung BUMDes dan WC Tripikon jadi inovasi dua desa di wilayah Daha

"PRS Bupati HSS Achmad Fikry- Wakil Bupati Syamsuri Arsyad ini‎ tidak hanya sekedar memberi bantuan warga miskin untuk merehab rumah tidak layak mereka, tapi juga mengayomi penghuninya sampai bisa keluar dari kategori miskin," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, Pemkab HSS juga memberikan bantuan beras melalui program beras sejahtera. program jatah hidup bagi lansia, serta bantuan anak yatim, jika dalam keluarga penerima manfaat ada anak yatim.

Bantuan yang diberikan berupa uang, untuk lansia Rp 225.000 per bulan dan untuk anak yatim Rp 100.000 per bulan, dan jaminan kesehatan sudah tercover melalui BPJS semesta yang dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten HSS.

Baca juga: HSS tampilkan 144 inovasi dalam ajang IGA 2020

“Selama mereka masih belum bisa meningkatkan kesejahteraan sendiri, bantuan tentunya akan terus diberikan sampai mereka bisa mensejahterakan diri mereka,” katanya.

Ditambahkan dia, penyerahan penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari KemenPAN RB diterima pihaknya mewakili Bupati HSS H Achmad Fikry, bertempat di Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020