Peresmian dan serah terima program Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) Reguler Tahun 2020 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan(Kalsel) dilaksanakan di halaman kantor Desa Bamban Utara, Kecamatan Angkinang diresmikan Bupati HSS H. Achmad Fikry.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalsel, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Cipta Karya Dardjat Widjunarso, mengatakan SANIMAS adalah program peningkatan kualitas lingkungan di bidang sanitasi.

"Khususnya pengelolaan air limbah yang diperuntukkan bagi kawasan padat kumuh perkotaan, dengan menerapkan pendekatan pemberdayaan masyarakat," katanyam Selasa (24/11).

Dijelaskan dia, pembangunan instalasi pengolahan air limbah ini untuk menampung tinja manusia. PUPR mencoba lebih dekat kepada masyarakat, salah satu kegiatannya membangun sanitasi berbasis masyarakat, 100 persen ini dikerjakan oleh masyarakat, oleh Kelompok Swadaya Masyarakat(KSM).

Baca juga: Warga Muning Tengah Keluhkan Jembatan Milik Pemprov Rusak

Diharapkan dapat bermanfaat bagi semua untuk meningkatkan lingkungan dan tentunya sangat diharapkan setelah ini selesai, masyarakat Desa Bamban Utara, Angkinang dapat melakukan replikasi kepada pekerjaan yang sama.

Anggota DPR RI Komisi V Dapil I Kalsel H. M. Rifqinizamy Karsayuda, mengatakan pihaknya dengan Kementerian PUPR sepakat untuk membagi dua sekmen pekerjaan di Kementerian PUPR.

"Salah satunya adalah infrastruktur berbasis masyarakat, jadi uangnya langsung ditransfer ke masyarakat dan langsung dikerjakan oleh masyarakat, ini termasuk SANIMAS," katanya.

Menurut dia, uang untuk SANIMAS tidak kecil, dan yang dapat di Kalsel tidak banyak, salah satunya di Kabupaten HSS. Tahun 2020 ini ada berbagai program-program infrastruktur berbasis masyarakat yang telah dan sedang dilaksanakan di HSS, memiliki dua lokasi program infrastruktur sosial ekonomi wilayah.

Baca juga: Warga Muning Tengah Keluhkan Jembatan Milik Pemprov RusakBaca juga: Advetorial - Bupati HSS Resmikan Ruas Jalan Amparaya Simpur

Bupati HSS H. Achmad Fikry, Mmengatakan kalau pemerintah luar biasa, mulai makan sampai dibuang diperhatikan, berbagai program pemerintah dilakukan seperti beras dan lain-lain, dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan.

"Kepada masyarakat Desa Bamban Utara, kami berharap untuk memelihara apa yang sudah diberikan pemerintah, tentu pemeliharaan menjadi sangat penting untuk kelangsungan kegiatan," katanya.

Dalam kegiatan ini dilakukan penandatanganan prasasti oleh Bupati HSS dengan Anggota DPR RI Komisi V Dapil I kemudian pemotongan pita bersama Kepala BPPW Kalsel dan Camat Angkinang Lothvie Rahmanie, serta penanaman pohon perdana ditengah derasnya hujan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020