Ketua DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Hj Shinta Laksmi Dewi, menyampaikan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) yang tetap bisa dilaksanakan menunjukkan dedikasi luar biasa, di tengah terjadinya pandemi COVID-19.

Ia mengatakan, Rakercab merupakan amanah daripada Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART) IWAPI, jadi rapat kerja ini dapat harus dilaksanakan dengan agenda satu tahun sekali menjelang Rapat Kerja Daerah (Rakerda) atau menjelang Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

"Tujuannya mengevaluasi program kerja tahu tahun ke belakang, dan juga membuat program program kerja untuk satu tahun ke depan, tentu saja artinya adalah 2020 segera berakhir hingga menjelang 2021," katanya, dalam sambutan pembukaan Rakercab I DPC IWAPI Hulu Sungai Tengah (HST), Kamis (19/11) lalu.

 

Baca juga: Ketua IWAPI : Separuh pelaku UMKM adalah perempuan, berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi

Dijelaskan dia, menyadari bahwa di 2020 ini mengalami pembatasan-pembatasan sosial karena pandemik, dari bulan Maret hingga saat ini dan banyak sekali Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak, sehubungan dengan pembatasan yang ada.

Ini tidak saja berlaku di Kabupaten HST juga berlaku seluruh Kalimantan, seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia terdampak, kira-kira hampir 30 persen penurunan terjadi, sehingga bergerak sangat sulit, tapi pihaknya bersyukur UMKM perempuan kemudian yang bisa bangkit terlebih dahulu.

Kondisi ini karena perempuan memiliki cinta dan kasih sayangnya kepada keluarga sehingga menjadi kuat, untuk bisa menyokong perekonomian keluarga maka itu kiranya tidak berlebihan jika kemudian meningkatkan peran IWAPI sama juga untuk meningkatkan juga kreatifitas pembinaan UMKM.

"Untuk bisa melalui masa-masa sulit ini, dan IWAPI merupakan mitra kerja dari pemerintah, juga mitra kerja PKK dan Dekranasda daerah masing-masing,  juga kalau ada Gabungan Organisasi Wanita (GOW)," katanya.

Baca juga: 32 orang peserta ikuti rakercab susun agenda kegiatan IWAPI HST

Menurut dia, IWAPI HST agar bisa menyampaikan program-program kerjanya tidak saja di kota Barabai, tapi juga memasuki hingga kecamatan-kecamatan dan kelurahan dan desa.

Melakukan pelatihan-pelatihan dan sosialisasi-sosialisasi juga mencakup para masyarakat yang ada di sekitar, karena menjadi tugas bersama, termasuk IWAPI yang dirumuskan dalam program-program kerja yang dibuat pengurus IWAPI dari DPD maupun DPP.

Ditambahkan dia, peran IWAPI akan sangat besar dalam melakukan pembinaan pelaku usaha di daerah, pendampingan mulai dari bagaimana permodalannya, kemudian juga peningkatan kreativitas, serta juga wawasan tentang Digital marketing atau pemasaran secara digital.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020