Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Bidang Pendididikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Disdik HSS melaksanakan sosialisasi dan advokasi tentang kebijakan pemerintah daerah, terkait penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif (HI) di Kabupaten HSS.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD dan Dikmas, Disdik HSS, H Zainal Abidin, di Kandangan, Rabu (18/11), mengatakan sosialisasi yang dilakukan secara virtual bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan informasi tambahan kepada peserta terkait penyelenggaraan PAUD HI ini.

"Selain itu, kegiatan ini digelar untuk membangun sinergisitas terhadap semua pemangku kepentingan, untuk sama-sama memberikan kontribusi dalam memberikan pelayanan optimal untuk mendukung tumbuh kembang anak di usia dini," katanya, dalam laporan, bertempat di Pendopo Bupati HSS.

Dijelaskan dia, sosialisasi diikuti 70 orang peserta yang terdiri Bunda PAUD Kabupaten hingga Bunda PAUD Desa, perwakilan SKPD terkait, organisasi profesi PAUD dan stake holder lainnya.

Baca juga: Bupati HSS : "Petani Milineal" dorong generasi muda tertarik sektor pertanian

Mengingat kondisi di Kabupaten HSS masih dalam Pandemi COVID-19, maka kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dan berlangsung secara virtual.

Sekretaris Daerah HSS HM Noor, mengatakan PAUD sebagai lembaga pendidikan memang berbeda dengan berbagai penyelenggaraan pendidikan sekolah yang lebih tinggi, baik SD, SLTP maupun SLTA.

"Karena berbeda, maka saya selaku Ketua Gugus Tugas PAUD HI bersama Bunda PAUD HSS Hj Tintainah Achmad Fikry, menyadari PAUD perlu mendapatkan perhatian dan penekanan secara khusus dari Pemkab HSS untuk penyelenggaraan pendidikan untuk siswanya," katanya, saat membuka sosialisasi.

Menurut dia, selain menerbitkan Peraturan Bupati HSS Nomor 64 Tahun 2019, tentang pengembangan anak usia dini HI, di mana Pemkab HSS melaksanakan PAUD satu tahun pra sekolah dan pemkab sudah banyak menyiapkan sarana prasarana dan fasilitasnya serta pengembangan sumber daya manusianya.

Baca juga: Pelatihan bina keluarga balita dan PAUD PKK HSS

Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan advokasi termasuk dirinya, dan Bunda PAUD HSS selalu dan terus berkomitmen memberikan perhatian yang lebih, terhadap penyelenggaran PAUD HI di Kabupaten HSS.

Kegiatan bisa berjalan dengan baik dan lancar, dan tentu semua berkomitmen mendukung penyelenggaraan PAUD HI, di mana meliputi pendidikan, kesehatan, gizi dan sebagainya, terintegrasi untuk mewujudkan anak-anak yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia.

Turut hadir, Ketua TP PKK HSS sekaligus Bunda PAUD Hj Isnaniah Achmad Fikry beserta pengurus TP PKK Kabupaten HSS, Kepala Dinas Pendidikan Hj Siti Erma bersama Kepala Bapelitbangda M Arlian Syahrial MPd selaku narasumbernya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020