Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banjarbaru melaksanakan sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan kepada unsur masyarakat untuk lebih menanamkan rasa bela negara dan cinta tanah air.

Kepala Badan Kesbangpol Banjarbaru  Abdul Malik di Kota Banjarbaru, Rabu mengatakan, sosialisasi dilaksanakan sejak 12 Oktober hingga 17 November 2020 yang digelar bergiliran pada 20 kelurahan di kota setempat. 

"Sosialisasi dilaksanakan bergiliran pada 20 kelurahan yang tersebar di lima kecamatan di Banjarbaru. Jumlah peserta setiap kelurahan 15 orang terdiri dari Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat," ujarnya. 

Menurut Malik didampingi Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Kewaspadaan Nasional Abu Yajid Bustami, sosialisasi dilaksanakan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sehingga peserta dibatasi. 

Disebutkan, tema sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan di 20 kelurahan se-Kota Banjarbaru 2020 yakni Melalui Penguatan Empat Pilar Kebangsaan Kita Sukseskan Pilkada Serentak tahun 2020.

"Tujuan sosialisasi yang diikuti Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat pada 20 kelurahan adalah menanamkan rasa bela negara dan rasa cinta tanah air kepada masyarakat," ucap mantan Kabag Humas Setdako Banjarbaru itu. 

Dijelaskan, pihaknya selaku Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarbaru menjadi narasumber dengan materi tugas, fungsi dan peran serta Badan Kesbangpol Kota Banjarbaru dalam menyukseskan pilkada serentak 2020.

Selain itu, Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Kewaspadaan Nasional Bakesbangpol Banjarbaru Abu Yajid Bustami dengan materi peningkatan wawasan melalui penguatan empat pilar kebangsaan.

"Diharapkan, penguatan wawasan kebangsaaan dapat mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan yang berlandaskan nilai Pancasila, UUD tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI," ungkapnya. 

Ditambahkan, melalui sosialisasi, peserta memiliki rasa cinta tanah air kemudian mengajak orang terdekat dilingkungannya berperan aktif dalam pembangunan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020