Sejumlah bantuan dari donatur dan berbagai elemen masyarakat di Kota Banjarbaru disalurkan kepada warga yang menjadi korban kebakaran di Kabupaten Kotabaru sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. 

Bantuan yang terkumpul selanjutnya disalurkan melalui rombongan BPBD Kota Banjarbaru dan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang bertolak ke Kotabaru, Jumat untuk menyerahkan bantuan pangan dan peralatan itu. 

Rombongan yang dikawal mobil operasional BNPB milik BPBD Kota Banjarbaru adalah truk yang berisi penuh bahan kebutuhan pokok dan peralatan sehari-hari yang diperlukan warga korban kebakaran. 

Rombongan dilepas Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Said Abdullah di halaman kantor BPBD Jalan Trikora Kota Banjarbaru, Jumat. 

"Keberangkatan rombongan kami lepas untuk menyalurkan bantuan bagi saudara dan keluarga kita yang tengah ditimpa musibah sehingga kita wajib membantu meringankan beban mereka," ujar Said. 

Disebutkan, bantuan yang disalurkan merupakan sumbangan dari Ikatan Isteri Dokter Indonesia (Banjarbaru/Kabupaten Banjar), dan juga dari donatur lainnya yang menyerahkan sumbangan bahan pokok. 

Jenis bantuan yakni beras 160 Kg, mie instan 40 dus, susu untuk anak umur 1 sampai 3 tahun 30 dus, ikan kaleng 14 dus, susu anak 10 dus, sabun 10 dus, pasta gigi 3 dus, pakaian, selimut 150 buah, handuk, dan sarung.

Kemudian, kompor sebanyak 10 buah, regulator 10 buah, panci set 5, tikar 50 buah dan piring 9 lusin seluruhnya dibawa pegawai BPBD yang dibantu relawan menuju Kabupaten Kotabaru untuk diserahkan kepada korban.

Seperti diketahui, kebakaran besar yang melanda kawasan Patmaraga Kabupaten Kotabaru, Jumat (30/10) menghanguskan ratusan buah rumah dan menyebabkan 500 lebih jiwa kehilangan tempat tinggal.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020