Sebelas pesilat asal Kalimantan Selatan (Kalsel) berangkat ke Jawa Timur mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat yang berlangsung di Surabaya 15 hingga 19 Mei 2010.

Keberangkatan pesilat asal Kalsel tersebut diharapkan dapat membawa harum nama daerah, ungkap Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalsel H. Rudy Ariffin di Banjarmasin, Kamis.

Keikutsertaan pada Kejurnas pencak silat tersebut merupakan sebuah jenjang bagi atlet dalam meraih prestasi, tambahnya.

Dengan mengikuti Kejurnas maka atlet dapat mengukur sejauh mana kemampuan dan dapat dijadikan tolak ukur dalam mengikuti prakualfikasi Pekan Olah Raga Nasional kelak.

Prestasi yang didapat dalam ajang Kejurnas juga akan mengharumkan nama daerah karena prestasi atlet melekat dengan nama daerah yang dibawa.

"Kepada atlet yang berhasil meraih prestasi akan mendapatkan penghargaan khusus," kata orang nomor satu di jajaran Pemerintahan Provinsi Kalsel itu.

Oleh sebab itu diharapkan para atlet dapat meraih prestasi secara maksimal guna mengangkat nama daerah Bumi Antasari Kalsel, demikian Rudy.

Secara umum jumlah cabang olah raga unggulan Kalsel saat ini  sebanyak 15 cabang meliputi gulat, menembak, tinju, angkat berat dan binaraga.

Kemudian loncat indah, renang, biliar, bermotor, taekwondo, base ball, catur, dayung, wushu dan pencak silat.

Selain itu, KONI Kalsel juga memiliki 21 cabang olah raga yang dianggap potensial seperti sepak bola, bola basket, bola voli, kempo, selam, bridge dan bulu tangkis dan golf.

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2010