Habib Ahmad Assegaf dari Makassar, Sulawesi Selatan merestui pasangan H Ahmad Tamzil - M Ilham Effendi mencalon Bupati - Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada kabupaten setempat Tahun 2020.

Calon Bupati (Cabup) HST Tamzil mengemukakan itu melalui WA-nya dari Barabai (ibu kota kabupaten tersebut 165 kilometer utara Banjarmasin), Rabu sesudah bertemu dengan Habib atau zuriat Rasulullah Saw yang tinggal di "kota angin mamiri" Ujung Pandang atau Makassar tersebut.

"Bukan cuma merestui, tetapi beliau/Abah Habib tersebut juga mendoakan pasangan calon (Paslon) kami," ujar Cabup HST Tamzil yang juga mantan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) setempat.

Dalam pertemuan tersebut, Habib Ahmad Assegaf berpesan antara lain jika nanti terpilih harus selalu berupaya/  memikirkan meningkatkan kamaslahatan warga di semua sektor dan strata kehidupan.

"Sebagaimana Nabi Muhammad Saw sebelum menghebuskan napas terakhir masih mengatakan Ummatii ummatiii," kutip Tamzil, putra almarhum H A. Madjid Sjachrani - mantan Kepala SMA Negeri Barabai.

"Ulun (saya) janji ya insya Allah selalu komit terhadap pesan Abah Habib tersebut demi kebaikan warga HST yang kini berjumlah sekitar 250 ribu orang," tegasnya.

Ia menerangkan, kalau Paslonnya terpilih pada Pilkada yang pencoblosannya 9 Desember mendatang, prioritas program antara lain revitalisasi sektor pertanian, kesehatan, pendidikan dan penguatan sektor ekonomi.

"Untuk penguatan sektor ekonomi tersebut antara lain berupa pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk BUMDes pada seluruh desa dan kelurahan di "Bumi Murakata" HST yaitu ada delapan kelurahan serta 161 desa.

"Namun sebagai 'pekerjaan rumah' (PR) utama penuntasan penanganan wabah virus Corona atau COVID-19," demikian Tamzil.
Pasangan Cabup - Cawabup HST Kalsel Tamzil - Ilham dengan nomor urut dua (2) pada Pilkada kabupaten setempat Tahun 2020. (Istimewa)

Pertemuan Cabup - Cawabup HST Tamzil - Ilham dengan Habib Ahmad Assegaf di kediaman H Miseran di Kecamatan Tambarang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) atas undangan tuan rumah, Selasa (13/10) malam.

Keberadaan Habib Ahmad Assegaf atau tamu dari "Bumi Ayam Jago" (Sultan Hasanuddin) dari timur Indonesia itu di Tambarangan (100 kilometer utara Banjarmasin) untuk beristirahat dan bertemu dengan sahabat lamanya H Miseran.

Pada Pilkada di Bumi Murakata HST 2020 tersebut ada lima Paslon Bupati - Wabup, dua di antaranya melalui partai politik (Parpol) dan tiga lewat jalur perseorangan atau independen.

Ketiga Paslon Bupati - Wabup HST melalui jalur perseorangan itu masing-masing H Ahmad Tamzil - M Ilham Effendi, H Faqih Jarjani - Abu Yazid Bustam, dan Aulia Oktifiandi - H Mansyah Sabri.

Sedangkan Paslon Bupati - Wabup HST yang atas pengusungan Parpol yaitu H Saban Effendi - H Abdullah Alaydrus, serta Berry Nahdian Furqon (petahana Wabup) - Pahrijani.

Pengusung Paslon Saban - Alydrus Partai Golkar berkoalisi dengan Gerindra, NasDem dan Partai Amanat Nasional (PAN). Kemudian pengusung Berry - Pahri yaitu PPP, PDIP serta PKPI.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020