Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga(PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan(HSS) Hj Isnaniah Achmad Fikry membuka Program Kegiatan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKH-P) Tahun 2020 Kecamatan Kandangan, di Rumah Pintar Kecamatan Kandangan.

Ketua Panitia Pelaksana, Jauhartati, di Kandangan, Rabu (14/10), mengatakan kegiatan diikuti 27 orang di Kecamatan Kandangan, peserta dari Kelurahan Kandangan Barat, Kandangan Utara, Kandangan Kota, dan Desa Gambah Luar, dengan narasumber keterampilan Handicraft Hj. Hatimah Rasyidah.

Baca juga: Pusat Pembelajaran Keluarga Rakat Mufakat HSS diresmikan

"PKH- P merupakan kerjasama PKK HSS dengan Dinas Pendidikan HSS, untuk peningkatan pemberdayaan perempuan di HSS dengan kegiatan pelatihan keterampilan, yang mana kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas SDM perempuan daerah," katanya.

Dijelaskan dia, program berasal dari kementerian untuk memenuhi hak-hak perempuan, mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender serta memperkuat pengarusutamaan gender dalam pembangunan dibidang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan HSS Hj. Siti Erma, mengatakan melalui PKH-P diharapkan nanti kesejahteraan masyarakat akan meningkat juga, di mana setiap wanita yang ada di HSS diberikan peningkatan kualitas, menjadi lebih baik untuk keluarganya dan untuk masyarakatnya.

Baca juga: 15 orang perdesa di Kecamatan Simpur ikuti tes IVA SADANIS

Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, mengatakan program ini untuk meningkatkan kecakapan personal, akademik, sosial, dan vokasional para perempuan, mengurangi potensi dampak resiko sosial kelompok perempuan marginal.

"Serta meningkatkan potensi sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan keterampilan, serta mendukung pemerintah daerah dalam kegiatan pemberdayaan perempuan melalui penyusunan rancana aksi daerah,"  katanya, saat membuka kegiatan didampingi Wakil Ketua I TP PKK HSS Srie Astuti.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020