Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) HSS melaksanakan kegiatan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Rakat Mufakat.

Kepala Dinas PPKBPPPA HSS, Hj Is Susilastuti, di Kandangan, Rabu (14/10), mengatakan PUSPAGA diresmikan operasionalnya oleh Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Hj Isnaniah Achmad Fikry.

Baca juga: 81 peserta ikuti Jambore Forum Anak Daerah HSS

"PUSPAGA layanan satu keluarga, Holistic Integratif berbasis anak merupakan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak serta terciptanya rujukan pengasuhan, pendidikan, kesehatan, perlindungan bagi anak dan orang tua  keluarga guna menunjang tumbuh kembang anak secara optimal," katanya.

Dijelaskan dia, Kabupaten HSS sudah mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA), untuk memenuhi standar ataupun predikat sebagai predikat Kabupaten layak anak, ada salah satu kegiatan yang merupakan kelembagaan yaitu PUSPAGA.

Maksud dari PUSPAGA merupakan rujukan-rujukan yang dilakukan oleh para keluarga untuk mengatasi masalah-masalah, ataupun untuk memberikan solusi perencanaan keluarga, baik itu bidang pendidikan, parenting, ataupun bidang tumbuh kembang anak.

Baca juga: Kampung KB Desa Asam, Sungai Raya terima penghargaan tingkat provinsi

Nantinya, di sana ada tenaga ahli seperti psikolog atau tenaga pendidik yang akan memberikan informasi ataupun petunjuk bagaimana caranya untuk menghadapi permasalahan-permasalahan di dalam keluarga.

Peresmian ini ditandai penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) PUSPAGA oleh Ketua TP PKK Kab. HSS bersama dengan Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten  HSS, dilanjutkan dengan pemotongan balon ke udara tanda dimulainya operasional PUSPAGA Rakat Mufakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020