Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj Isnaniah Achmad Fikry meninjau secara langsung pemeriksaan tes Inspeksi Visial Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) di Puskesmas Wasah, Kecamatan Simpur.

Ketua Ketua TP. PKK Kecamatan Simpur, di Wasah, Selasa (13/10), mengatakan kegiatan ini diikuti seluruh desa se Kecamatan Simpur dengan total 15 orang perdesa, dan ini dilakukan bertahap.

"Maksud dari pemeriksaan ini semoga ke depannya semakin banyak wanita Indonesia khususnya wanita diusia produktif wilayah Kecamatan Simpur tetap sehat, dan dijauhkan dari penyakit kanker payudara dan kanker rahim," katanya, dalam keterangan.

Baca juga: Ketua PKK HSS buka program peningkatan kualitas hidup perempuan

Dijelaskan dia, penyuluhan kesehatan ada di nomor tujuh yang termasuk dari 10 program pokok PKK di Pokja IV, di dalamnya ada penyuluhan IVA Test, di mana yang memeriksa adalah bidan, dan PKK yang mengadakan penyuluhan.

Ketua TP. PKK Kabupaten HSS Hj. Isnaniah, mengatakan di Puskesmas Wasah untuk dilaksanakan pemeriksaan IVA test dan SADANIS yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Menurut dia, meskipun tahun ini terjadi pandemi COVID-19, bersyukur masih bisa melaksanakan IVA test dan SADANIS di semua kecamatan, se Kabupaten HSS, dengan harapan melalui pemeriksaan ini para wanita dan ibu-ibu bisa terhindar dari kanker, terutama kanker payudara dan kanker rahim.

Baca juga: PKK HSS penguasan pemahaman P4K di Kecamatan Sungai Raya

"Prosedur ini dilakukan sebagai bentuk deteksi dini kanker serviks dan hanya bisa dilakukan oleh dokter kandungan atau tenaga kesehatan lain yang kompeten, agar penegakan diagnosisnya tidak keliru, sedangkan SADANIS adalah pemeriksaan payudara klinis, yang artinya dilakukan oleh petugas kesehatan," katanya.

Saat ini, kebanyakan peserta IVA tidak mau periksa karena takut, jadi solusi di Kecamatan Simpur dilakukan penyuluhan dihari yang sama sebelum pemeriksaan, penyuluhan dilaksanakan di Desa Wasah Hulu, dan untuk pemeriksaannya dilakukan di Puskesmas Wasah.

Warga Desa Ulun, Mariati, mengatatakan mengikuti pemeriksaan ini karena ingin mengetahui kesehatan tentang IVA, supaya tahu apakah ada penyakit, ada gejalanya atau tidak ada.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020