Polres Hulu Sungai Utara (HSU) semakin menggencarkan operasi yustisi guna menekan penyebaran COVID-19 jelang Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

"Saat ini kami bersama petugas gabungan siang dan malam menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan agar masyarakat semakin patuh dan sadar akan bahaya COVID-19," terang Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan di Amuntai, Jumat.

Menurut Afri, pesta demokrasi Pilkada tahun ini jangan sampai memunculkan klaster baru transmisi virus corona seiring masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan.

Untuk itulah, dia terus mengimbau dan mengingatkan masyarakat agar senantiasa menggunakan masker ketika keluar rumah dan tidak berkumpul-kumpul atau nongkrong di saat tidak diperlukan.

"Kalau ada nongkrong-nongkrong tidak menggunakan masker kita bubarkan. Masyarakat harus tahu sekarang ada Peraturan Bupati HSU No 37 tahun 2020 tentang pedoman penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam rangka memutus penyebaran COVID-19," tandas alumni Akpol 2001 itu.
Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan bersama KPU dan Bawaslu HSU saat menghadiri deklarasi Pilkada damai dan patuh protokol kesehatan. (ANTARA/Firman)


Di sisi lain, pengamanan Pilkada tentunya menjadi fokus Polres HSU selain mendisiplinkan protokol kesehatan di masa pandemi.

Afri membeberkan pasukan pengamanan telah disiapkan termasuk BKO dari Polda Kalsel dan TNI untuk menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di saat hari pencoblosan 9 Desember nanti.

Di Kabupaten HSU hanya menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tanpa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada tahun ini.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020