Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyampaikan sangat berharap lokasi yang dipilih menjadi Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya dapat memenuhi standar protokol kesehatan dalam rencana pembuatan TPS-TPS di Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, hal ini penting dalam upaya pencegahan penularan virus COVID-19, seperti luasan TPS yang memungkinkan adanya jaga jarak yang ideal, serta mampu menghindari terjadinya kerumuman.

“Kita semua tentunya berharap Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur mendatang dapat berjalan lancar, aman dan kondusif serta sesuai dengan penerapan protokol kesehatan, sehingga cluster Pilkada yang menjadi kecemasan tidak terjadi,” katanya, di Kandangan, Kamis (10/9) lalu.

Baca juga: Bupati HSS ajak masyarakat dukung aktif tahapan pilkada 2020

Dijelaskan dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS bersama TNI dan Polri siap mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) serentak lanjutan tahun 2020 di wilayahnya.

Bersama TNI Polri akan terus memberikan dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten HSS dalam menyelenggarakan pemilihan mendatang sesuai dengan kapasitas, kemampuan dan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Kepada jajaran KPU, dipesankan untuk tetap menggunakan masker, meskipun di dalam ruangan mengingat kantor sekretariatnya tidak terlalu besar, dan jika jaga jarak tidak memungkinkan dan kurang ideal, penyelenggara Pilgub tersebut tetap menggunakan masker saat di dalam ruang kantor.

Baca juga: DPRD HSS setujui penyediaan dana cadangan Pilkada 2023

"Seperti apa yang diungkapkan Kapolres HSS tadi, jangan sampai saat tiba waktu pelaksanaannya petugas penyelengara pemilu malah dalam kondisi yang tidak sehat," katanya, dalam sambutan deklarasi komitemen bersama penerapan protokol kesehatan dalam pilkada.

Dalam rangkaian kegiatan deklarasi, Bupati HSS bersama unsur Forkopimda secara simbolis membagikan masker bantuan Polres HSS, kepada seluruh peserta dan undangan yang hadir.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020