Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta menginginkan anggotanya terus berinovasi dalam membantu masyarakat di saat pandemi COVID-19.

"Kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat dengan beragam inovasinya kini diharapkan masyarakat. Ayo berikan yang terbaik semampu kita," kata dia di Banjarmasin, Senin.

Dia pun mengapresiasi bagi anggota yang telah berbuat untuk masyarakat sejauh ini. Seperti Kompol Wahyu Hidayat yang menyediakan fasilitas komputer dan internet gratis mendukung proses belajar daring siswa kurang mampu di Kota Banjarmasin.

Kasat Reserse Narkoba Polresta Banjarmasi ini mendirikan Pos Kepolisian Online Gratis (Poskotis) dengan "menyulap" lantai 2 Pos Polisi Sub Sektor Sudimampir menjadi ruang belajar. Selain dilengkapi delapan komputer yang telah dibelinya dari menyisihkan uang gaji, dia juga menambahkan fasilitas jaringan internet gratis sebagai penunjang.

Wahyu Hidayat juga membuat dua tempat lain yang dapat digunakan oleh para pelajar mengikuti belajar daring yaitu di Pos BPK Manggis Raya dan di samping Pos Lantas Jembatan Merdeka. Bedanya, di dua tempat ini tidak dilengkapi komputer dan hanya diberi fasilitas "WiFi" gratis.

"Apa yang telah diperbuat adalah wujud nyata aksi polisi membantu masyarakat sekaligus mendukung suksesnya program pemerintah menyikapi masa pandemi COVID-19," tandas Kapolda.
Kasat Reserse Narkoba Polresta Banjarmasin Kompol Wahyu Hidayat menyediakan komputer dan internet gratis bagi anak-anak kurang mampu belajar daring. (ANTARA/Firman)


Sementara Wahyu mengaku tergerak hati ketika melihat fenomena banyak anak dan orangtua kesulitan dalam belajar daring. Dimana tidak memiliki ponsel ataupun komputer dalam mendukung pembelajaran di masa pandemi tersebut.

"Poskotis nantinya juga dijadikan tempat sosialisasi bahaya narkoba kepada kalangan pelajar. Karena mereka kelompok rentan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba. Kita juga bagikan buku pendidikan budi pekerti dan pengenalan dasar Polri secara gratis,” kata alumni Akpol 2005 itu.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020