Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Komisi III bidang pembangunan dan infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan melakukan evaluasi penyerapan anggaran tahun 2014, terutama terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi mitra kerjanya.


"Kami melakukan rapat kerja dengan SKPD yang merupakan mitra kerja, untuk evaluasi penyerapan anggaran 2014," ujar Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Puar Junaidi, usai memimpin rapat, di Banjarmasin, Selasa.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kalsel itu mengungkapkan, penyerapan anggaran 2014 untuk beberapa SKPD jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) setempat sudah terealisasi di atas 60 persen, bahkan ada yang mencapai 80 persen untuk fisik.

Walau realisasi anggaran 2014 rata-rata baru berkisar antara 60 persen sampai 70 persen, anggota DPRD Kalsel dua periode itu berharap, agar SKPD yang merupakan mitra kerja Komisi III bekerja lebih maksimal lagi, tanpa mengurangi kualitas.

Bahkan dengan adanya sistem pelelangan terhadap kegiatan, menurut dia, hal itu memungkinkan terjadinya penghematan anggaran yang cukup besar, sehingga realisasi keuangan hingga akhir tahun bisa mencapai 80 persen, sementara fisiknya sudah rampung.

"Hal itu merupakan langkah penghematan yang dilakukan SKPD dalam melaksanakan kegiatan yang telah dianggarkan pada APBD tahun berjalan. Kita apresiasi atas penghematan anggaran tersebut," ujar mantan Ketua Komisi A bidang hukum dan pemerintahan DPRD Kalsel itu.

Ia menambahkan, selain pengecekan dan evaluasi penyerapan anggaran, rapat kerja tersebut juga untuk mengetahui program kerja yang akan dilakukan mitra kerja pada tahun depan (2015).

"Pengecekan dan evaluasi tersebut memfokuskan kegiatan yang pembiayaannya tahun anggaran 2015, dan dewan akan melihat urgensi penganggaran kegiatan itu," katanya.

Ia mengakui, rapat kerja Komisi III DPRD Kalsel dengan SKPD mitra kerja memang mendahului dari agenda dewan, terutama rencana penyampaian oleh eksekutif pada bulan depan, terkait evaluasi anggaran, serta rencana RAPBD 2015.

"Pasalnya kalau sudah disampaikan resmi perencanaan anggaran tersebut akan menjadi ranah Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalsel untuk menindaklanjutinya, terutama dalam membahas RAPBD 2015," demikian Puar Junaidi.

SKPD jajaran Pemprov yang menjadi mitra kerja Komisi III DPRD Kalsel antara lain Dinas Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, dan Badan Lingkungan Hidup Daerah.

  Selain itu, Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo).   

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014