Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta memberikan penghargaan kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Quran Istiqomah Pelaihari, sebagai salah satu Pondok Pesantren (ponpes)  melaksanakan kegiatan rapid tes massal kepada para santri dan ustaz sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka.

Penghargaan tersebut di berikan secara langsung oleh Sukamta kepada Pimpinan Ponpes Daarul Quran Istiqomah Ustaz Adlin Putra di Halaman Ponpes Daarul Quran Istiqomah Pelaihari, Rabu (19/8).

Sebelumnya Ponpes Daarul Quran Istiqomah melakukan rapid tes kepada 90 orang santri serta pengajar, ada satu santri dinyatakan reaktif, namun setelah dilakukan tes swab hasilnya negatif, sehingga dapat dikatakan ponpes tersebut 100 persen aman dari ancama virus corona.

Bupati Tanah Laut H  Sukamta mengatakan, piagam penghargaan merupakan salah satu bentuk apresiasi pihaknya kepada ponpes yang pertama kali melaksanakan rapid tes. 

Dia menambahkan,  hal itu merupakan salah bentuk tanggung jawab dari pemerintah Kabupaten Tanah Laut untuk melindungi masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di daerah tersebut. 

"Siapa pun yang mondok di Tanah Laut akan kami tanggung, mau itu santri dari luar pulau mana saja akan kami tanggung biaya rapid tesnya," tegasnya.

Menurutnya,  hal itu pihaknya lakukan untuk mencegah munculnya klaster baru di ponpes. 

"Pemkab Tanah Laut akan bertanggung jawab sampai sembuh,  jika ditemukan kasus dari hasil rapid tes yang reaktif atau pun positif swab,"terangnya.

Sementara, Ustaz Adlin Putra selaku pimpinan ponpes sangat tersanjung dengan piagam penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Tanah Laut yang diserahkan secara langsung oleh bupati.

Dia berharap,  semoga usaha yang sudah dilaksanakan pemerintah kabupaten dalam melakukan pencegahan virus corona dapat membuahkan hasil yang baik.
Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta memberikan penghargaan kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Quran Istiqomah Pelaihari, sebagai salah satu pondok pesantren melaksanakan kegiatan rapid tes massal kepada para santri dan ustaz sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka, Rabu (19/8).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020