Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry kembali melepas kepulangan pasien sembuh COVID-19 sebanyak 16 orang, bertempat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry, Kandangan.

Ia mengatakan, kembali dikesempatan tersebut akan menghantarkan para pasien yang sudah sembuh untuk kembali berkumpul dengan keluarga, dan telah menjalani perawatan beberapa hari di RSUD Brigjend H.Hasan Basry Kandangan maupun ditempat karantina di Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS.

“Alhamdulillah, kami atas nama pemerintah menyampaikan ucapan selamat kepada buhan pian yang sudah diperkenankan pulang, pesan kami meskipun pian pulang tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada, lebih banyak berada di rumah kalau tidak ada berkepentingan," katanya, Senin (20/7).
 


Baca juga: Sembilan pasien positif COVID-19 HSS dinyatakan sembuh dan dipulangkan

Dijelaskan dia, para pasien yang sembuh tersebut agar jangan merasa bebas karena sudah selesai dirawat, namun kehati-hatian itu terus dijalankan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Ini dilakukan karena terjangkit atau menularkan penyakit ini seperti ini sampai kapanpun sulit untuk diketahui, maka menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, menghindari kerumunan dan menjaga jarak adalah upaya untuk pencegahan penularan virus.

Ia pun memohon maaf jika ada hal kurang berkenan saat memberikan pelayanan di RSUD Kandangan, tapi inilah yang bisa diberikan dan sekarang ini masih banyak pasien yang masih bertahan dalam perawatan.
 

Bupati HSS H Achmad Fikry berikan sambutan pelepasan (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Positif COVID-19 HSS tambah 13 jadi 166, satu di antaranya dari Loksado

“Mari kita berdoa bagi pasien yang masih dalam perawatan agar cepat sembuh, dan bisa kembali berkumpul dengan keluarga tercinta seperti mereka yang telah sembuh, dan kembali ke masyarakat agar para pasien dapat menjadi duta-duta penerapan protokol kesehatan,” katanya.

Adapun 16 pasien yang sembuh dan dipulangkan ini berdasarkan hasil tes swab terakhir dan diketahui negatif, para pasien ini sebelumnya tujuh orang dirawat di eks bangunan lama RSUD Kandangan dan sembilan orang lainnya dirawat di ruang isolasi RSUD Kandangan.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Kepala Dinas Kesehatan HSS selaku juru bicara Gugus Tugas COVID-19 HSS dr Siti Zainab, Direktur RSUD Kandangan dr Hj Rasyidah, tenaga medis dan para karyawan dan karyawati RSUD setempat.

Pelepasan 16 orang pasien sembuh COVID-19
di RSUD Brigjend H Hasan Basry, Kandangan (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020