Kapolres Hulu Sungai Selatan (HSS) AKBP Siswoyo, menyampaikan komitmen pihaknya dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) secara serius dan tidak main-main, sudah ada dua pelaku pembakar lahan yang ditangkap tahun lalu yang divonis.

Ia mengatakan, dua pelaku ini telah divonis masing-masing satu tahun dan satu setengah tahun, dan penangangan dalam menanggulangi karhutla termasuk di Kabupaten HSS mendapat perhatian dan apresiasi, baik dari Polda Kalsel maupun Mabes Polri.

"Baik TNI, Polri, perusahaan, pemerintah daerah, masyarakat dan semua stake holder terkait  di Kabupaten HSS agar dalam satu tekad untuk mencegah terjadinya karhutla," katanya, saat memberikan sambutan dalam apel siaga karhutla, PT Antang Gunung Meratus (AGM), Jum'at (10/7) kemarin.

 


Baca juga: Wabup HSS ajak seluruh elemen masyarakat persiapkan SDM cegah karhutla

Dijelaskan dia, mengucapkan terima kasih kepada PT AGM yang sudah mengundang, dan melaksanakan apel siapa tanggap darurat karthula, dan berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, di PT AGM sudah lengkap baik dari persiapan armada, peralatan dan lainnya.

Walaupun dari info manajemen PT AGM tahun 2019 lalu tidak terjadi karhutla di lingkungan perusahaan, dan diharapkan juga tahun ini tidak terjadi, namun apabila ada permintaan bantuan dari sekitar maupun wilayah HSS agar jaga bisa turut segera membantu.

Berdasarkan perkiraan dari BMKG musim kemarau di bulan Agustus mendatang, tapi hal tersebut agar tidak menyurutkan kesiapsiagaan semua pihak untuk menanggulanginya tetap dipersiapkan sejak dini, dan apabila titik api dapat segera dipadamkan.

Dandim 1003 Kandangan, Letkol Arm Dedy Soehartono, mengatakan kunci penanganan karhutla adalah sinergitas dari pihak-pihak terkait, baik dari sektor hulu hingga hilir.
 
Apel siaga Karhutla PT AGM (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Kapolres HSS : Sengaja bakar hutan dan lahan diancam pidana penjara 15 tahun

"Bagaimana menentukan sistem yang efektif dan kinerja yang sinergi, belajar dari tahun lalu agar tahun ini penangangan karhulta bisa lebih efektif dan berhasil lagi," katanya. 

Kekurangan penanggulangan bencana karhutla tahun lalu dievaluasi dan apa-apa yang perlu diperbaiki dilakukan tahun ini, sehingga dapat meminimalisir terjadinya bencana karhutla. 

Ditambahkan dia, juga mengapresiasi dan berterima kasih atas kesiapsiagaan PT yang telah melaksanakan apel siap siaga karhutla dan menunjukkan kesiapan dan sinergitas bersama dalam upaya penangangan karhutla secara lebih efektif.
 
Simulasi pemadam api Tim Tanggap Bencana Karhula PT AGM (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020