Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin sedang mensosialisasikan jalur kanalisasi atau jalur khusus sepeda motor yang berada di sebelah kiri sesuai jalur yang telah disediakan.

"Saat ini kami sedang membuat jalur khusus sepeda motor yang berada di kiri jalan," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan SIK MM di Banjarmasin, Senin.

Kanalisasi adalah pemisahan jalur antara kendaraan roda dua dengan roda empat, khususnya di kawasan-kawasan yang rawan kemacetan dan kecelakaan. Dan kanalisasi dimaksudkan untuk mengurangi peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas dan kemacetan jalan-jalan padat.

Kombes Pol Rachmat yang saat itu didampingi Kasat Lantas AKP Gustaf Adolf Mamuaya SE SIK terus mengatakan, lajur khusus kendaraan itu diterapkan sesuai dengan UU No 22 Tahun 2009 pasal 108 di mana dalam berlalu lintas pengguna jalan harus menggunakan jalur sebelah kiri.
Anggota Satlantas Polresta Banjarmasin memberikan isyarat ke pengendara roda dua untuk melintas di jalur sebelah kiri. (ANTARA/Gunawan Wibisono)
Maksud dari pernyataan itu sepeda motor, kendaraan bermotor yang kecepatannya rendah, berada pada jalur sebelah kiri jalan.

Perwira menengah Polri itu juga mengatakan, dengan adanya amanat dari UU tersebut sehingga Satlantas Polresta Banjarmasin akan melakukan penerapan jalur kanalisasi tersebut

Dibuatnya jalur khusus roda dua itu semata-mata bertujuan untuk melindungi pengendara sepeda motor dari bahaya kecelakaan yang lebih fatal.

"Untuk sementara sosialisasi kami coba dulu di sepanjang jalan depan Mako Polresta Banjarmasjn dan diharapkan warga terbiasa dengan lajur sebelah kiri bagi pengguna roda dua," ucap pria lulusan Akpol angkatan 1995 itu.

Terus dikatakannya, kegiatan memperkenalkan jalur sebelah kiri khusus sepeda motor itu akan dilakukan sesuai dengan tahapan yang telah buat.

"Pelaksanaan kegiatan ini merupakan implementasi dari penjabaran program Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta SIK MH dengan menghadirkan postur Polri di tengah-tengah masyarakat," tutur pria jebolan Satuan Brimob Polda Kalsel itu.
 

Pewarta: Gugun

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020