Bupati Barito Kuala (Batola), KalimatanSelatan  Hj Noormiliyani AS telah membuka Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Tahun 2020 Kodim 1005 Marabahan di Kecamatan Tabunganen,  Selasa (30/6) pagi. 

Pembukaan dirangkai upacara sederhana dengan mengikuti protokol COVID-19, di halaman Kantor Kecamatan Tabunangen itu ditandai penandatanganan kerjasama kegiatan dan  dilanjutkan penyerahan sarana kerja secara simbolis dari kepada perwakilan warga, anggota TNI dan SKPD terkait dari Bupati Hj Noormiliyani AS dan Komandan Kodim (Dandim) 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto.

Noormiliyani mengatakan, program TMMD yang dilaksanakan di tengah suasana keprihatinan wabah COVID-19 diharapkan dapat memacu percepatan peningkatan kualitas hidup masyarakat dalam membangun daerah menuju kehidupan sosial yang lebih sejahtera dan mandiri.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu mengimbau,  masyarakat dan SKPD terkait dapat menerima dan mendukung secara aktif program TMMD. 

Terlebih, sebut dia,  kegiatan yang dilaksanakan berupa pembangunan fisik seperti pengerasan dan penambahan bahu jalan termasuk melakukan renovasi rumah warga tidak layak. 

Di samping itu, jelas dia, juga terdapat kegiatan non fisik berupa penyuluhan pertanian, kambtimmas, narkoba, karhutla, pencegahan COVID-19, sosialisasi rekrutmen TNI, hingga bhakti sosial pengobatan gratis. 

Terhadap program pembangunan jalan, bupati perempuan pertama di Kalsel itu menyatakan dukungannya,  karena sudah merupakan program Pemkab Batola sejak Pemerintahan Bupati H Hasanuddin Murad berupa Program Taman Saribunga (Program Pembangunan Jalan dari Kecamatan Tamban – Mekarsari – Tabunganen). 

Noormiliyani menyatakan, selama kepemimpinannya bersama Wabup H Rahmadian Noor berupaya menyempurnakan Progam Taman Saribunga, termasuk pembangunan jalan di Desa Pisak yang selama ini terisolir. 

“Kasihan masyarakatnya. Saya berharap sebelum periode saya berakhir warga desa itu sudah terhubung dengan desa lainnya di Tabunganen,” ucapnya.

Sebelumnya, Dandim 1005 Marabahan, Letkol Kav Sugianto mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Hj Noormiliyani AS yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan terhadap Kodim 1005 Marabahan dalam melaksanakan TMMD ke-108 di Tabunganen.

TMMD, lanjut Sugianto, merupakan program yang membutuhkan dukungan lintas sektor baik Pemkab, Polri, Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian serta seluruh lapisan masyarakat. 

Sugianto menerangkan, TMMD merupakan bentuk soliditas TNI dan pemerintah kabupaten bersama-sama rakyat dalam merespon denyut nadi rakyat demi kemajuan, kesejahteraan sekaligus dalam upaya memberantas narkoba dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Kegiatan TMMD di Kecamatan Tabunganen, sebut dia, akan menyasar pembangunan fisik berupa pengerasan jalan sepanjang 484 meter x 4 meter, penambahan bahu jalan kiri dan kanan dengan lebar masing-masing 50 centimeter sepanjang 1.100 meter, pembuatan tiga buah jembatan dengan panjang masing-masing 12 meter,  40 meter , 18 meter serta melakukan renovasi rumah warga tidak layak.  

Sedangkan sasaran non fisik, terang dia,  berupa penyuluhan pertanian, kamtibmas, narkoba, karhutla, pencegahan COVID-19, sosialisasi rekrutmen TNI serta bakti sosial pengobatan gratis.

Kegiatan TMMD di kecamatan paling selatan Batola itu, papar dia,  dilaksanakan selama 30 hari. 
Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS telah membuka Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Tahun 2020 Kodim 1005 Marabahan di Kecamatan Tabunganen,  Selasa (30/6) pagi.Foto:Antaranews Kalsel/Humas Batola.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020