Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H Muhammad Noor, menyampaikan komitmen bersama dalam mencegah peredaran narkoba di wilayah HSS, usai mengikuti peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) secara virtual, di Media Center, Sekretariat Daerah (Setda) HSS.

Ia mengatakan, tadi juga disampaikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara,  Reformasi Birokrasi (Menpan RB) terkait dengan ASN, karena ini tentu menjadi perhatian semua pihak.

"Alhamdulillah dalam beberapa waktu kemarin kita sudah melakukan tes terhadap ASN, dan telah berjalan dengan lancar, ini akan kita lakukan setiap tahun untuk mencegah penggunaan Narkotika di kalangan ASN," katanya, Jum'at (26/6).

Dijelaskan dia, dari peringatan virtual ini juga telah menerima arahan Wakil Presiden Ri KH Ma'ruf Amin terkait dengan peringatan HANI, maka semua komponen di pemerintahan daerah, dan TNI, Polri dan BNN tentu akan mendukung terhadap upaya-upaya untuk pelaksanaan pencegahan pengedaran narkotika gelap.

Baca juga: Pers release akhir tahun BNNK HSS : Penyalahgunaan Narkoba meningkat tahun 2019

Walaupun peringatan HANI tahun 2020 kali ini diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan adanya pandemi COVID-19 sehingga tahun ini diselenggarakan dengan menggunakan teknologi secara virtual, namun tidak mengurangi kekhidmatan dan tujuan mulia dalam memberantas narkoba di Indonesia.

Kepala BNNK HSS Maserup, mengatakan perlunya kesadaran bahwa perlu kesehatan, hidup sehat, kemudian sadar masyarakat agar produktif dan bahagia, maka untuk itu perlu seminimal mungkin mencegah penyalahgunaan narkotika

"Sekarang ada empat ancaman nasional, yakni bahaya korupsi, radikalisme dan terorisme, penyalahgunaan narkoba, dan pandemi COVID-19, dan untuk mencegah peredaran penyalahgunaan narkoba, BNNK HSS bekerjasama dengan Polres HSS dalam pemberantasan  peredaran narkoba," katanya.

Sedangkan upaya lain untuk pencegahan, pihaknya melakukan berbagai sosialisasi kepada masyarakat, instansi pemerintah, lingkungan kerja dan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten HSS.

Baca juga: BNNK HSS sediakan tempat rehabilitasi narkoba gratis

BNNK HSS juga melakukan kegiatan rehabilitasi kepada pecandu narkoba, baik itu rawat jalan maupun rawat inap, diharapkan tahun ini tetap bisa melaksanakan kegiatan rehabilitasi terhadap pecandu narkoba.

Mulai awal tahun sampai dengan hari ini sudah merehabilitasi sekitar 10 orang termasuk mereka yang di bawah umur, di tahun 2019 alu lebih tinggi, sekitar 13 orang rawat inap dan sekitar 31 orang rawat jalan.

Peringatan HANI mengusung tema "Hidup 100 persen di era new normal sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba, turut dihadiri Kajari HSS Agus Rojitu, Kepala Pengadilan Negeri Dian Erdianto, Kasdim 1003 Kandangan Mayor Inf Alpin, Wakapolres HSS Kompol Reinaldo, dan jajaran BNN HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020