Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS)  H Achmad Fikry menghadiri launching Desa Tambingkar, Kecamatan Kalumpang menjadi Kampung Tangguh Banua, Tambingkar menjadi kampung tangguh banua ketiga, setelah dua desa sebelumnya Desa Tibung Raya, Kandangan dan Tambak Bitin, Daha Utara.

Ia mengatakan, adanya kampung tangguh banua ini agar masyarakat bisa lebih mendisiplinkan dirinya masing-masing, dalam menghadapi pandemi COVID-19 terhadap pelaksanaan protokol kesehatan.

"Pemerintah daerah telah berusaha maksimal dengan melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat, agar wabah ini dapat diputus mata rantainya," katanya, dalam sambutan, Selasa (24/6).

Baca juga: Konfirmasi positif COVID-19 HSS jadi 60, kesembuhan meningkat jadi 10 orang

Dijelaskan dia dari segi kesehatan RSUD Brigjend H.Hasan Basry sudah memiliki alat untuk Tes Cepat Molekuler (TCM), yaitu salah satu alat untuk mengecek apakah pasien yang menjalani isolasi terkonfirmasi COVID-19 atau tidak.

Kunci dari pencegahan COVID–19 dengan melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. seperti penggunaan masker, mencuci tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir, menjaga jarak serta menghindari kerumunan menjadi penting untuk diperhatikan dan ditaati bersama.

Kapolres HSS AKBP Siswoyo, mengatakan program kampung tangguh banua ini menitik beratkan keterlibatan masyarakat yang aktif, baik secara personal ataupun kelompok.

"Dalam pelaksanaannya mendapat pendampingan khusus dari stakeholder yang terorganisir, kampung tangguh banua memiliki filosopi tersendiri yaitu bersih aman, nyaman unggul dan sejahtera," katanya.

Baca juga: Ciptakan inovasi APD, mahasiswa PMM UMM buat face shield bagi relawan COVID-19

Tujuan terbentuknya kampung tangguh banua ini adalah sebagai acuan untuk pelaksanaan kampung tangguh banua, bentuk upaya bersama pencegahan penularan penyebaran COVID-19 di tingkat RW atau RT.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan masker, alat semprot Disinfektan dan bibit jagung kepada Tim Kampung Tangguh Banua di desa Tambingkar, turut hadir Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kepala Dinkes HSS Siti Zainab, Kepala Dinsos HSS Nordiansyah, dan Camat Kalumpang H. Syamsudin.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020